Lagu Keroncong, Musik Tempo Dulu yang Hilang di Makan Jaman

lagu keroncong
Advertisement

Lagu Keroncong merupakan merupakan lagu tempo dulu yang sangat akrab di telinga pecinta musik Indonesia. Lagu ini bahkan menjadi lagu yang selalu sring untuk mengisi acara acara yang diadakan oleh pemerintah dan masyarakat. Namun apakah anda pernah berpikir, darimanakah asal muasal Lagu keroncong ini?

Asal Mula Lagu Keroncong

Lagu Keroncong adalah musik kota kota pelabuhan Indonesia bagian Timur yang telah di perkenalkan oleh orang orang Portugis pada abad ke 16. Sekalipun, dengan cepat di asimilasi. Terutama sebelum kedatangan kaset sebagai musik pasar malam. Musik keroncong mencapai Jawa pada abad ke 19.

Meskipun saat ini musik keroncong di asosiasikan dengan etnis Betawi dan Jawa. Musik ini biasanya menampilkan melodi sederhana dengan lirik lirik yang sentimental.

Biasanya musik keroncong dinyanyikan oleh seorang wanita yang deitemani dengan suara petikan gitar. Pada abad ke 20 lagu keroncong bentuknya telah dipengaruhi oleh gaya budaya Hawaii.

Tetapi perlu diketahui, lagu keroncong sangan berperan penting dalam kesusastraan Indonesia. Keronconglah yang menjadi kendaraan bagi para musik Nasinalis terutama melalui karya Ismail Marzuki (1914-1958).

Sejak 1970-an popularitas lagu keroncong mulai berkurang dengan lahirnya lagu dangdut di Indonesia.

Indonesia Explorer:

1 Photos of the Lagu Keroncong, Musik Tempo Dulu yang Hilang di Makan Jaman

lagu keroncong
Lagu Keroncong, Musik Tempo Dulu yang Hilang di Makan Jaman | Ismail | 4.5 | Tags :musik keroncong, keroncong asli, lagu keroncong,

Leave a Reply