Curug Siputri, Air Terjun Menyerupai Pengantin

curug sputri
Advertisement

Curug siputri - Perasaan takjub pasti hadir di benak traveler ika menilik air terju yang satu ini, Curug Siputri namanya. Curug (air trjun) ini merupakan obyek wisata yang terdapat di Kabupaten Kuningan tepatnya di desa Caisantana, kecamayan cigugur. Curug ini memiliki keunikan tersendiri, karena dari bentuknya yang menyerupai pengantin. Selain itu, curug ini menyimpan cerita legenda di dalamnya sehingga sangat asik ditelusuri.

Curug siputri mempunyai ketinggian yang tidak terlalu tinggi hanya berkisar 8 meter saja. Namun letak keindahan curug bukan terletak pada tingginya air jatuh, namun jika diamati secara seksama, bentuk air terjun ini menyerupai sosok wanita yang mengenakan gaun pengantin berwarna putih. Inilah sebabnya mengapa curug ini dinamakan siputri atau ada juga yang menyebutnya air terjun pengantin. Selain bentuk curahan air yang mengalir dari atas tebing menyerupai pengantin, ada legenda yang menarik di dalamnya. Konon, tempat ini sering digunakan untuk mandi oleh bidadari. Sering terlihat pelangi di sekitar curug saat hujan turun. Pelangi tersebut diyakini oleh masyarakat sekitar sebagai jalan turun para bidadari dari langit untuk mandi di curug siputri.

Dari legenda yang beedar tersebut membuat air di curug siputri ini diyakini sangat berkhasiat. Mitos yang beredar, jika traveler mandi di curug Siputri maka akan mudah dalam mendapatkan jodoh. Air curug juga diyakini mampu menyembuhkan berbagai penyakit seperti reumatik, penyakit kulit, dan penyakit tulang. Maka tak heran jika banyak pengunjung yang berendam, atau sengaja berda tepat di bawah air terjun agar tertumbuk jatuhnya air demi mendapatkan kesembuhan.

Untuk menuju ke objek wisata Curug Siputri relatif mudah. Akses jalan menuju curug sudah lumayan bagus dengan jalan aspal meskipun tidak terlalu lebar namun cukup untuk dilalui kendaraan roda empat. Curug siputri terletak beberapa meter saja dari pos penjagaan Taman nasional Gunung Ciremai. Untuk masuk ke lokasi Curug, traveler harus membayar Rp. 7000 sebagai tiket masuk Taman nasional Gunung Ciremai.

Indonesia Explorer:

2 Photos of the Curug Siputri, Air Terjun Menyerupai Pengantin

curug sputricurug siputri
Curug Siputri, Air Terjun Menyerupai Pengantin | Ismail | 4.5 | Tags :curug siputri,