Keraton Yogyakarta, Tempat Bersejarah Yang Layak Dikunjungi

Keraton Yogyakarta
Advertisement

Keraton Yogyakarta harus menjadi tempat yang wajib dikunjungi. Menagapa? Keraton merupakan tempat wisata yogyakarta yang memiliki nilai sejarah termasuk juga sejarah perjuangan Indonesia. Saking pentingnya peran keraton buat bangsa Indonesia, provinsi ini diberi predikat daerah istimewa. Predikat istimewa itu ditandai dengan masih dipertahankannya sri sultan, pemimpin keraton jogja yang berfungsi sebagai pemimpin daerah atau gubernur.

Sejauh ini, keraton jogja sudah 10 kali berganti kempemimpinan. Sultan sri hamegku buwono X, yang masih memimpin sampai saat ini, merupakan sri sultan termuda yang masih tetap hidup di jaman modern ini. sementara sri sultan hamengku buwono I sendiri mulai memerintah keraton jogja dari tahun 1755 sampai dengan 1792. Sistim kepimpinan keraton adalah monarki absolut yang artinya bahwa pemimin akan dipilih berdasarkan keturunan yang bersifat mutlak. Rakyat tidak bisa menentukan siapa pemimpin yang akan berkuasa karena konsep keraton adalah pemimpin harus berasal dari darah biru yang memang sudahh ditunjuk para dewa untuk berkuasa.

Keunikan Keraton Yogyakarta

Daya tarik lain keraton yogyakarta adalah bentuk bangunan yang unik khas jawa. Semua posisi bangunan yang ada dikeraton diatur berdasarkan konsep kosmologi jawa. Berdasarkan konsep tersebut, alam dibagi menjadi tiga bagian yaitu posisi atas sebagai tempat para dewa, bagian tengah dihuni manusia dan posisi bawah merupakan tempat kekuatan jahat. Tata ruang keraton jogja sendiri disusun atas dasar konsep pola konsentrik. Berikut penjelasan tentang pola konsentrik pada keraton jogja.

Alun-alun merupakan bagian luar. Dan keraton jogja memiliki dua alun-alun yang terletak di bagian utara dan selatan. Selain lapisan luar, keraton jogja juga mempunyai lapisan kedua yaitu siti hinggil, merupakan halaman dengan pelataran yang ditinggikan. Sama seperti alun-alun, siti hinggil juga terdapat di kedua sisi keraton yaitu selatan dan utara. Pada siti hinggil bagian utara, anda akan melihat bangsal manguntur tangkil dan bangsal witana yang berfungi sebagai temapat menyelenggarakan upacara kenegaraan. Siti hinggil selatan sendiri digunakan untuk latihan keprajuritan.

Supit urang merupakan bagian akhir dari siti hinggil yang merupakan jalan melingkar, pelataran Kemandhungan adalah lapisan ketiga keraton jogja yang juga terdapat di belahan utara dan selatan. Lapisan ketiga ini merupakan transisi untuk mencapai ke pusat keraton jogja. Selain merupakan ruang tunggu para abdi dalem yang berkehendak untuk menghadap sri sultan, tempat ini juda digunakan sebagai ruang pengadilan suatu perkara.

Wisata Keraton Yogjakarta

Lapisan berikutnya dari keraton jogja adalah pelataran sri manganti yang memiliki sebuah bangsal sebagai ruang tunggu.bangsal trajumas juga terdapat pada lapisan ke-empat ini. lapisan akhir di keraton jogja adalah kedathon yang terdiri dari tiga bagian: pendopho, pringgitan dalem dan tratag. Di tempat inilah sang raja bersingga sana.

Cukup rumit bukan? Itulah keunikan struktur tata ruang keraton Yogyakarta yang sampai kini masih dipertahankan. Yang berbeda dari keraton jogja adalah kehidupan para abdi dalem yang masih dilestarikan sampai sekarang. Bagi mereka yang mau menjadi abdi dalem, pekerjaaan ini bukanlan didasarkan pada materi atau seberapa besar penghsasilan yang didapat melainkan pengabdian. Banyak para abdi dalem yang datang dari jauh, seperti daerah prambanan, dan untuk mencapai keraton mereka masih menggunakan sepeda. Tentu saja busana yang dikenakan adalah busana khas abdi dalem yang salah satu cirinya adalah penggunaan blankon. Itulah sebuah cerita singkat tentang keraton Yogyakarta yang sudah sepatutnya anda tahu. Selamat mengunjungi wisata keraton yogjakarta.

Indonesia Explorer:

4 Photos of the Keraton Yogyakarta, Tempat Bersejarah Yang Layak Dikunjungi

Abdi Dalem Keraton YogyakartaAlun-alun keraton yogyakartaKeraton Yogyakartakeraton yogyakarta hadiningrat
Keraton Yogyakarta, Tempat Bersejarah Yang Layak Dikunjungi | Ismail | 4.5 | Tags :tempat wisata di indonesia, wisata yogjakarta, wisata keraton yogjakarta,

Leave a Reply