Kentalnya Budaya dan Mitos di Pantai Parangkusumo

batu cinta pantai parangkusumo
Advertisement

Tahukah anda mengenai Pantai Parangkusumo? Pantai yang terletak di Yogyakarta ini tidak kalah populernya dengan Pantai Parangtritis. Pantai ini berada di Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepatnya sekitar 30 km dari kota Yogyakarta. Pantai ini berdampingan dengan Pantai Parangtritis dan Pantai Depok sehingga masih termasuk dalam wilayah laut selatan. Untuk bisa sampai ke pantai ini, anda bisa menggunakan kendaraan dari Yogyakarta maupun Bantul. Kalau anda sedang berada di Parangtritis pun, anda bisa sampai ke Parangkusumo dengan mudah karena anda tinggal berjalan kaki dari terminal Parangtritis. Selain itu juga terdapat berbagai macam akomodasi yang akan membantu anda.

Pantai Parangkusumo : Pantai dengan Sejuta Misteri

Pantai Parangkusumo masih termasuk dalam wilayah laut selatan yang tidak hanya dikenal dengan ombaknya yang besar, tetapi juga dengan legenda mengenai Nyi Roro Kidul. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang dikeramatkan oleh masyarakat di sekitar kawasan Parangtritis, Kretek, Bantul, DIY. Pantai Parangkusumo dianggap sebagai gerbang utama atau jalan tol menuju ke kerajaan yang dipimpin oleh Nyi Roro Kidul. Sehingga tidak heran kalau upacara-upacara sering dilakukan di pantai ini. Upacara dilakukan di waktu-waktu tertentu saja seperti pada hari kelahiran sultan yang sedang berkuasa. Tidak hanya keraton saja yang mengadakan berbagai acara labuhan. Masyarakat setempat pun sering mengadakan acara labuhan. Ritual labuhan ini digelar sebagai simbol ikatan dan kekuasaan antara keraton dengan penguasa laut selatan.

Di kawasan Pantai Parangkusumo juga terdapat petilasan yang dipercayai sebagai jejak sejarah dari Panembahan Senopati. Hal ini berkaitan dengan cerita legenda pertemuan Panembahan Senopati dan Nyi Roro Kidul. Sang ratu patai selatan berjanji untuk mengayomi Panembahan Senopati beserta seluruh keturunannya dan kerajaan Mataram ketika berada dalam kesulitan. Perjanjian antara Panembahan Senopati dengan Nyi Roro Kidul tersebut membuat hubungan raja-raja Mataram dengan Nyi Roro Kidul menjadi semakin memperkokoh legitimasi kebudayaan dengan Sri Sultan Hamengkubuono.

Tidak hanya legenda mengenai Nyi Roro Kidul saja yang menarik. Pemandangan alam di pantai ini pun juga menarik dan sangat indah. Anda bisa berkeliling pantai dengan menggunakan kereta kuda. Sambil naik kereta kuda, anda bisa menikmati setiap sudut pantai mulai dari barat ke timur ataupun sebaliknya. Jangan lupa juga untuk mengunjugi Batu Cinta dan menikmati pemandangan indah berupa hempasan ombak yang besar dan hembusan angin yang semilir. Untuk menyewa kereta kuda, anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu banyak. Cukup dengan Rp 20.000,- anda sudah bisa berkeliling pantai. Singkat kata, Pantai Parangkusumo cocok sekali untuk dijadikan tempat berlibur. Tidak hanya kental dengan nuansa budaya yang menarik tetapi juga pemandangan alam yang indah akan membuat anda terkagum-kagum.

Indonesia Explorer:

5 Photos of the Kentalnya Budaya dan Mitos di Pantai Parangkusumo

batu cinta pantai parangkusumoPantai Parangkusumopantai parangkusumo yogyakartapantai parangkusumo jogjapantai parangkusumo bantul
Kentalnya Budaya dan Mitos di Pantai Parangkusumo | Ismail | 4.5 | Tags :pantai parangkusumo jogja, batu cinta pantai parangkusumo, Pantai Parangkusumo, Pantai Depok, pantai parangtritis

Leave a Reply