Keindahan Wisata Pulau Karimunjawa Jepara

sunset karimunjawa
Advertisement

Indonesia memiliki banyak sekali objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Wisata Pulau Karimunjawa Jepara. Pulau yang satu ini menyimpan keindahan yang tiada tara. Karimun Jawa merupakan sebuah gugusan pulau yang meliputi 27 pulau dalam 1 kecamatan yang terbagi dalam 3 desa. Kalau anda mengaku sebagai pecinta pantai maka anda wajib untuk datang ke tempat ini. Pasti anda akan merasa enggan untuk pulang karena tempat ini memberikan kesan tersendiri dan sulit digantikan dengan tempat lain. Belum lagi dengan keindahan alam yang tiada tara. Dijamin akan membuat anda betah dan ingin segera kembali lagi ke tempat ini.

Orang menjuluki Pulau Karimun Jawa sebagai perawan jawa. Karena perairannya begitu bening sehingga anda bisa melihat ke dalam dasarnya denga jelas. Pasirnya putih dengan awan yang putih dan langit biru. Benar-benar indah ciptaan Tuhan. Suhu di Karimun Jawa biasanya berkisar antara 26-30 derajat celcius. Karimun Jawa memiliki kekayaan ekosistem flora dan fauna  mulai dari terumbu karang, hutan mangrove, hutan pantai sampai hutan dataran rendah. Anda bisa menyusuri hutang mangrove seluas 10,5 hektar dengan jalur tracking sepanjang 2 km. Menyuguhkan aneka macam jenis pohon mangrove yang langka sekaligus menyejukkan. Benar-benar pemandangan yang indah dan pastinya akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

Sedangkan di perairan Karimun Jawa, anda bisa melihat fauna akuatik yang terdiri dari 242 jenis ikan hias dan 133 genera akuatik. Tidak hanya fauna akuatik saja. Anda juga bisa menemukan macam-macam fauna lainnya yang tinggal di Karimun Jawa seperti rusa dan kera ekor panjang. Ada juga fauna langka yaitu elang laut dada putih yang berada di Pulau Burung dan Pulau Geleang. Hewan langkan lainnya yaitu penyu sisik dan penyu hijau. Karena merupakan sebuah kepulauan, maka transportasi antar pulau biasanya berupa perahu motor sewaan. Kalau anda mau berkeliling, anda bisa menyewa dengan haraga berkisar Rp 300.000,- sampai Rp 500.000,- tergantung dengan jarak tempuh dan lama pemakaian.

6 Aktivitas Seru di Wisata Pulau Karimunjawa Jepara

Karimunjawa tak sekadar kepulauan eksotis penuh pantai berpasir putih dan surga bawah laut. Banyak aktivitas yang bisa turis lakukan di salah satu ‘surga yang jatuh di Indonesia’ ini. Dari diving sampai wisata kuliner! Liburan ke Kepulauan Karimunjawa, Jawa Tengah, jangan hanya snorkeling atau berjemur di tepi pantai saja. Ada beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan, berikut 6 aktifitas seru yang harus anda coba di Wisata Pulau Karimunjawa Jepara:

1. Berenang dan snorkeling

Dikaruniai perairan biru nan jernih, berenang dan snorkeling di Karimunjawa wajib hukumnya. Nelayan sekitar akan menawarkan perjalanan ke pulau-pulau seperti Menjangan Besar, Cemara Besar, atau Pulau Merica.

Berenang dan snorkeling di wisata pulau karimunjawa jepara

Kalau ingin berenang, cobalah bertolak ke bagian selatan dan barat Karimunjawa. Ada Pulau Menjangan Kecil, Pulau Parang, Pulau Kembar, dan Pulau Kumbang. Arusnya tidak besar sehingga cukup aman untuk Anda berenang.

Traveler yang hobi snorkeling bisa menyambangi Pulau Menjangan Besar, Pulau Menjangan Kecil, bagian barat Pulau Bengkoang, juga Pulau Krakal Kecil dan Pulau Kembar.

2. Memancing

Sambil bertolak dari satu pulau ke pulau lain, traveler bisa memancing dari kapal. Mintalah nelayan setempat untuk membawa Anda ke beberapa tempat yang cocok untuk memancing.

Memancing di wisata pulau karimunjawa jepara

Ada Pulau Menjangan Besar, Menjangan Kecil, Menyawakan, Kemujan, juga Pulau Parang dan Pulau Tengah. Anda juga bisa memancing di sekitar Pulau Kembar, dan sebelah barat Pulau Bengkoang.

3. Menyelam

Nah, ini dia aktivitas yang digemari turis di Karimunjawa. Menyelam alias diving bisa dilakukan di banyak tempat. Lokasi terbaik adalah di sebelah utara dan barat Pulau Karimunjawa, sebelah selatan dan barat Pulau Geleang, sebelah timur Pulau Menjangan Besar, dan sekitar Pulau Menjangan Kecil.

menyelam di wisata karimunjawa jepara

Selain itu, diver juga akan menemukan surga bawah laut di sebelah barat Pulau Bengkoang, Pulau Parang, Pulau Kembar, Pulau Katang, Pulau Krakal Kecil, dan Pulau Kumbang.

Di sekitar Pulau Kemojan, traveler juga bisa melakukan wisata selam di bangkai kapal (wreck dive). Ini adalah kapal pengangkut batu bara yang karam 60 tahun silam.

4. Wisata kuliner

Sebagai daerah kepulauan, Karimunjawa adalah surganya seafood. Ikan, udang, cumi, dan berbagai hasil laut adalah makanan warga Karimunjawa sehari-hari. Tak heran seafood juga merupakan menu wajib di sini.

wisata kuliner karimunjawa jepara

Namun siapa sangka, traveler juga bisa menemukan beragam makanan dari daerah lain. Ada garang asem khas Kudus, timlo khas Solo, tempe mendoan khas Purwokerto, dan swikee khas Purwodadi. Satu makanan yang banyak dicari turis adalah siomay tongkol Karimunjawa. Seporsi siomay ini disajikan bersama tahu, kentang, telur rebus, dan sayuran kemudian disiram kuah kacang.

Tukang penjual siomay ini bisa ditemukan di seputaran Alun-alun Karimunjawa. Harga per porsinya hanya Rp 5.000!

5. Wisata belanja

Siapa bilang Karimunjawa hanya soal wisata alam? Di kepulauan eksotis ini, traveler juga bisa belanja aneka kerajinan khas dari kayu-kayu langka. Antara lain kayu setigi, kayu dewadaru, dan kayu kalimasada.

souvenir-wisata-pulau-karimunjawa-jepara

Kerajinan kayu ini berupa tongkat, keris, dan tasbih. Salah satu pusat kerajinan kayu yang bisa disambangi adalah Pusat Kerajinan Al Badri di Desa Legon Cikmas, dan Labiki di Jalan Kapura.

Selain hasil kerajinan, traveler juga bisa belanja aneka cinderamata seperti kaus topi, makanan olahan seperti ikan teri dan ikan asin, juga rumput laut dan minyak kelapa.

6. Sunrise dan sunset

Di Kepulauan Karimunjawa, turis bisa melihat indahnya matahari terbit dan tenggelam dengan latar laut yang indah. Sunrise dan sunset bisa dilihat dari hampir semua pulau, sisi timur untuk sunrise dan sisi barat untuk sunset.

sunset karimunjawa

Proses tenggelamnya Sang Surya juga jadi momen favorit di Karimunjawa. Semburat emas di langit menutup hari setelah beraktivitas seru di Karimunjawa.

Penginapan Murah Pulau Karimunjawa Jepara

Untuk masalah penginapan, tidak perlu khawatir. Kepulauan Karimun Jawa Jepara memiliki berbagai jenis pengidapan yang memadai. Seperti homestay, wisma, dan tentunya hotel. Tarifnya pun sangat bervariasi. Mulai dari Rp 100.000,- sampai Rp 500.000,-. Kalau anda ingin merasakan sensasi menginap yang lebih unik dan tidak terlupakan, coba saja untuk menginap di hotel terapung yang juga terdapat disini. Selain itu, kepulauan Karimun Jawa merupakan pemasok hasil laut terbesar di Pulau Jawa. Sehingga pastinya kuliner disini didominasi dengan seafood. Makanan lain yang akan anda temukan adalah garang asem kudus, timlo Solo, mendoan Purwokerto, dan swikee Purwodadi. Sungguh menarik untuk dicoba.

Kecantikan Wisata Pulau Karimunjawa Jepara boleh diadu dengan Derawan dan Raja Ampat. Keunggulannya, Karimunjawa menawarkan bujet yang lebih miring daripada dua primadona destinasi bahari Indonesia itu. Tak heran kalau Karimunjawa menjadi favorit anak muda karena pulau cantik, pasir putih, sunset keren, laut bening dan tidak bikin dompet bolong.

Jadi kapan Anda dan teman-teman atau keluarga liburan ke sana?

Indonesia Explorer:

7 Photos of the Keindahan Wisata Pulau Karimunjawa Jepara

sunset karimunjawasouvenir-wisata-pulau-karimunjawa-jeparawisata kuliner karimunjawa jeparamenyelam di wisata karimunjawa jeparaMemancing di wisata pulau karimunjawa jeparaBerenang dan snorkeling di wisata pulau karimunjawa jeparaWisata Pulau Karimunjawa Jepara
Keindahan Wisata Pulau Karimunjawa Jepara | Ismail | 4.5 | Tags :karimun jawa, karimunjawa, wisata pulau karimunjawa,

Leave a Reply