Keindahan Pulau Sipora di Kepulauan Mentawai

Pulau Sipora
Advertisement

Pulau Sipora merupakan pulau kecil yang sangat stategis dari ke 4 pulau besar yang ada di Metawai, Sumatera Barat. Posisi pulau Sipora sendiri tepat berada di tengah-tengah antara kepulauan Pagai dan pulau Siberut. Di pulau ini pula terletak ibu kota kabupaten Kepulauan Mentawai, yakni Tua Pejat. Pulau ini menjadi daya tarik bagi wisatawan, baik lokal maupun manca negara, karena di sekitar pulau ini terdapat beberapa tempat wisata berselancar yang sangat memukau. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi pulau Sipora untuk berselancara adalah pada bulan april hingga oktober. Walaupun demikian, pengunjung masih dapat menikmati gulungan ombak yang menantang di pulau ini hampir sepanjang tahun.

Lokasi Pulau Sipora

Berada di tengah-tengah kepulauan Pagai da Pulau Siberut, menjadikan pulau ini sebagai kwasan yang sangat strategis untuk menikmati dan menelususri keindahan Mentawai dan pulau sekitar. Untuk menikmati Pulau Sipora dapat dilakukan dengan berkeliling menggunakan speed boat atau perahu yang merupakan kendaraan utama yang ada di pulau ini. Selain menantang ombak yang ganas di pulau ini, pengunjung juga dapat meilirik atau memanfaatkan ombak untuk berselancar di pulau terdekat lainnya. Selain dikenal dengan ombaknya yang ganas, serta kebanyakan para turis datang untuk berselancar di pulau ini, Pulau Sipora juga dikenal dengan wisata bahari yang begitu mempesona.

Pulau yang termasuk dalam kawasan kepulauan Mentawai ini, di kenal hingga ke manca negara sebagai lokasi selancar dengan sejumlah titik yang selalu di lirik oleh para surfing dunia. Selain sebagai tujuan para surfing (peselancar) baik lokal maupun internasional yang memburu ombak-ombak ganas, keindahan alam pada Pulau Sipora juga tak luput dari perhatian para wisatawan, termasuk juga para surfing. Di pulau ini, wisatawan dapat memilih beragam jenis ombak, karena di pulau ini sendiri memiliki 4 jenis ombak yang menantang, seperti The Surgeon Table, yaitu ombak yang seolah-olah mengangkat peselancar ke puncak ombak. Terdapat pula Lance’s Left, merupakan ombak yang paling kuat dan konsisten di pulau ini dan sekitarnya.

Di bagian barat laut Pulau Sipora, terdapat pula dua jenis ombak yang terkanal lainnya. Telescopes merupakan jenis ombak yang sangat panjang, ada pula Semi Hollow yaitu ombak yang bergulung-gulung dengan lubang di bagian tengahnya yang nyaris sempurna bagi sebagian peselancar. Ada pula Ombak Scrarecrows, dengan zona take off kiri yang terbentuk dinding gelombang yang bergulung dengan cepat, obak jenis ini sangat cocok bagi peselancar kelas menengah. Untuk menginap ataupun bermalam di pulau ini, wisatawan dapat menginap di rumah-rumah penduduk di Tua Pejat. Namun sebagian pengunjung ada yang menyewa kapal pesiar yang ada di Padang untuk dijadikan penginapan. Di Pulau Sipora terdapat bandar udara, hanya saja bandar udara ini untuk penerbangan charter. Jalur yang paling banyak dipilih menuju pulau Sipora adalah dengan menaiki perahu atau speed boat.

Indonesia Explorer:

1 Photos of the Keindahan Pulau Sipora di Kepulauan Mentawai

Pulau Sipora
Keindahan Pulau Sipora di Kepulauan Mentawai | Ismail | 4.5 | Tags :pulau sipora, wisata pulau di indonesia,

Leave a Reply