Keindahan Pantai Pok Tunggal di Gunung Kidul

Pantai Pok Tunggal
Advertisement

Pantai Pok Tunggal yang berada di Kabupaten Gunung Kidul ini, merupakan pantai dengan pesona pantai yang masih sangat alami. Mungkin masih banyak yang belum mengetahui tentang pantai yang satu ini. maklum saja, karena pantai ini masih sangat alami dan baru saja di buka pada Februari tahun 2012 lalu. Pantai ini berada tak jauh dengan pantai Indrayanti dan Pantai Siung, tepatnya berada di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Nama pantai ini dikenal cukup ini, dan dibuat dengan tanpa alasan, sebab Pok yang berarti tunas sedangkan Tunggal yang berarti sendiri memiliki filosofi tersendiri, yaitu di tengah pantai ini  terdapat sebuah pantai yang berdiri sendiri, akan tetapi di tepian pantai ini terdapat banyak sekali pepohonan.  Namun itulah nama yang diberikan oleh masyarakat sekitar untuk pantai ini.

Pada pohon ini terdapat tulisan yang memang dibuat oleh masyrakat setempat, yang isinya dilarang untuk memanjat pohon ini, karena pohon ini sangat dijaga kondisinya oleh warga setempat. Pantai Pok Tunggal ini merupakan pantai yang dikelola sendiri oleh masyarakat di sekitar pantai. Pantai memiliki panorama alam yang sangat menakjubkan yang tampak begitu sangat alami dan bersih.  Pasir pantai yang ada di lokasi ini begitu tampak bersih, begitu juga dengan air lautnya, dengan warna biru kehijauan menambah tentram apabila ada di pantai ini. Tak hanya itu, hembusan angin dan deburan ombaknya yang tak terlalu kencang seakan terasa berada di surga. Di pantai, terdapat pula monyet-monyet liar yang berkeliaran, namun tak setiap saat monyet liar ini berkeliaran, hanya waktu-waktu tertentu saja.

Jalan menuju lokasi Pantai Pok Tunggal Jogjakarta

Mengingat lokasi ini terbilang baru, namun untuk fasilitas yang disajikan, berangsu-angsur mulai lengkap, seperti warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman, toilet, payung pantai, dan lain lain. Namun hal yang tidak boleh ketinggalan di Pantai Pok Tunggal ini adalah panorama sunset atau matahari terbenam. Bagi pengunjung yang ingin bermalam di pantai ini, pengelola telah menyediakan tenda dome untuk para pengunjung untuk bermalam, dengan hanya membayar biaya sewa sebesar Rp. 60 ribu per malam. Dinginnya malam di pantai ini akan terasa hilang, apabila pengunjung menyalakan api unggun yang dapat menghangatkan badan dan tentu saja menjadikan malam yang tak terlupakan.

Untuk sampai di lokasi ini, memang cukup menguras tenaga, mengingat kondisi jalan menuju lokasi pantai masih dalam proses pembangunan. Dari Desa Tepus, pengunjung melewati sebuah jalan sempit sejauh 2 kilometer dengan medan yang berat karena masih berupa bebatuan dan berlumpur. Hanya dengan menempuh waktu sekitar 20 menit, pengunjung sudah dapat merasakan suasana pantai yang luar biasa. Untuk masuk ke lokasi Pantai Pok Tunggal, biasanya pengunjung akan dikenai biaya masuk sebesar Rp. 1.000 saja plus biaya parkir Rp. 2 ribu hingga Rp. 5 ribu untuk motor dan mobil.

Indonesia Explorer:

1 Photos of the Keindahan Pantai Pok Tunggal di Gunung Kidul

Pantai Pok Tunggal
Keindahan Pantai Pok Tunggal di Gunung Kidul | Ismail | 4.5 | Tags :pantai pok tunggal, wisata pantai gunung kidul, wisata gunung kidul,

Leave a Reply