Keindahan Pantai Jungwok yang Belum Tersentuh Tangan Manusia

pantai jungwok wonosari
Advertisement

Indonesia memang memiliki banyak sekali tempat wisata yang indah dan menarik. Kebanyakan dari tempat-tempat tersebut sudah terkenal ke seluruh penjuru negri, tapi ada banyak juga yang belum diketahui keberadaannya oleh masyarakat. Salah satunya adalah Pantai Jungwok. Pasti anda masih asing dengan nama pantai yang satu ini. Pantai Jungwok merupakan salah satu pantai yang berada di kabupaten Gunung Kidul. Meskipun namanya masih asing di telinga masyarakat, sebenarnya pantai ini memiliki keindahan alam yang sangat menarik. Pantai ini masih sangat bersih dan bisa dikatakan sebagai salah satu pantai yang masih ‘perawan’ di pulau Jawa. Hal ini karena pantai Jungwok berada di pojok Gunung Kidul yang memang masih sulit untuk diakses.

Pantai Jungwok sebagai Sumber Air Tawar yang Langsung Mengalir ke Laut

Satu lagi yang menjadikan Pantai Jungwok istimewa. Pantai ini memiliki sumber mata air tawar yang langsung mengalir ke laut. Entah merupakan sungai atau hanya sumber air saja, yang pastinya air tersebut langsung mengalir ke laut. Pantai yang berada di timur pantai Wediombo ini dapat diakses dengan dua cara. Yang pertama melalui jalan raya sedangkan yang kedua melalui jalan setapak menyusuri bukit dan sawah penduduk dari pantai Wediombo. Perjalanan memang cukup melelahkan. Akan tetapi pemandangan yang indah selama dalam perjalanan akan membuat perjalanan menjadi menyenangkan dan tidak akan terasa jauh. Alamnya masih asri dan penduduk sekitar pun sangat ramah.

Di pantai Jungwok, anda akan menemukan batu karang yang menjulang tinggi. Batu dengan warna hitam tersebut terlihat sangat kokoh meskipun terkena ombak besar. Karena berada di pojok Gunung Kidul, pantai ini pun masih jarang dikunjungi oleh wisatawan. Sehingga tidak heran kalau tidak bisa ditemukan toileh untuk mandi dan berganti baju ataupun warung yang menjajakan makanan atau jajanan untuk mengganjal perut. Padahal sebenarnya pantai ini bisa menjadi potensi yang begitu besar bagi pariwisata di kawasan Gunung Kidul kalau saja ditata dan dikelola dengan baik oleh pemerintah kabupaten setempat.

Kalau anda berminat untuk bermalam di Pantai Jungwok, anda mungkin agak kesulitan untuk menemukan penginapan di pantai ini. Tetapi ada alternatif lain yang bisa anda lakukan. Yaitu dengan berkemah di wilayah Pantai Jungwok. Dengan berkemah anda bisa lebih menyatu dengan alam pantai yang begitu indah. Lalu kemudian di malam hari, anda bersama dengan teman-teman bisa berkumpul sambil membuat api unggun. Tetapi jangan lupa untuk membersihkan kembali kawasan pantai dimana anda berkemah. Keasrian pantai harus tetap terjaga dari tangan-tangan yang jahil dan usil. Dengan keindahan alam yang begitu indah dan menarik, pantai ini cocok dan direkomendasikan untuk masuk ke dalam daftar lokasi liburan anda.

Indonesia Explorer:

4 Photos of the Keindahan Pantai Jungwok yang Belum Tersentuh Tangan Manusia

pantai jungwok jogjapantai jungwok wonosaripantai jungwok gunungkidulPantai Jungwok
Keindahan Pantai Jungwok yang Belum Tersentuh Tangan Manusia | Ismail | 4.5 | Tags :Pantai Jungwok, wisata gunung kidul, wisata pantai di jogja,

Leave a Reply