Keindahan Danau Hitam Taman Nasional Zamrud

Hutan Rawa Primer Taman Nasional Zambrud
Advertisement

Taman Nasional Zamrud ini berlokasi di Desa Zamrud, Kecamatan Siak Indrapura, Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Kawasan Taman Nasional ini menyuguhkan keelokan dan keindahan bagaikan keindahan batu Zamrud yang hingga kini banyak digemari. Walaupun air danau dan rawa di kawasan ini memiliki warna yang gelap, namun suasananya masih tampak asri dan alami. Di tempat inilah alam dibentangkan dengan begitu indahnya tanpa banyak terjamah, liar namun menentramkan hati dan pikiran. Air di danau ini tampak berwarna gelap yang diselimuti dengan rawa yang menyguhkan pesona alam yang luar biasa. Pada saat matahari senja terbenam, keindahan air danau akan semakin indah dan berwarna hijau pekat selaknya batu zamrud.

Taman Nasional ini merupakan sebuah kawasan dimana terdapat dua buah danau yang berdampingan, dan sama-sama memiliki air yang berwana hitam pekat. Danau Pulau Besar (2.415 Ha) dan juga Danau Bawah (360 Ha) yang keduanya merupakan rumah dari beragam fauna dan flora langka yang ada disini. Taman Nasional Zamrud memamg terkenal dengan keindahan alam dan danaunya, di tempat ini pula beragam satwa langka serta beragam flora yang jarang ditemui di belahan negara manapun. Di Danau Pulau Besar ini, terdapat empat pulau yang sejak tanggal 25 November 1980 telah ditetapkan sebagai Kawasan Suaka Marga Satwa (KSM). Ke empat pulau itu adalah, Pulau Besar (10 hektar), Pulau Tengah (1 hektar), Pulau Bungsu (1 hektar), dan Pulau Beruk (2 hektar).

Hutan Rawa Primer Taman Nasional Zamrud

Sejak Agustus 2007, Suaka Marga Satwa ini diresmikan oleh Presiden menjadi Taman Nasional (TN) Zamrud dengan luas sekitar 30.129 hektare. Kawasan ini merupakan hutan rawa primer yang berada di atas lahan gambut dengahn ketinggian hingga 100-200 meter dari permukaan laut. Lapisan pada tanahnya berupa cekungan raksasa, dimana air yang berasal daerah sekitar akan tertampung di Danau ini. Di Taman Nasional Zamrud menampung beragam jenis Fauna yang terlindungi, sperti harimau sumatra (Panthera tigris sumatrensis), harimau dahan (Neofelis nebulosa) beruang madu (Helarctos malayanus), dan napu (Tragulus Napu). Terdapat pula beragam primata yang dilindungi, seperti monyet ekor panjang (Macaca fascicularis), beruk (Macaca nemestrina), dan kokah (Presbytis melalophos).

 

Di kawasan ini pula juga hidup 38 jenis burung, dimana 12 diantaranya merupakan yang terlindungi seperti bangau putih, enggang palung, enggang benguk, enggang dua warna, serta enggang ekor hitam. Sedangkan di dalam danaunya sendiri, hidup sekitar 14 jenis ikan yang sekitar 8 diantaranya memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi bagi nelayan setempat, seperti selais, kayangan, tapah, baung, lele, gabus, silais, sipimping, patin dan lain-lain. Taman Nasional Zamrud sendiri akan terus diperluas untuk melindungi kawasan dan zona pemanfaatannya.

Itulah uraian singkat mengenai Taman Nasional Zamrud dengan keindahan Danau Hitam dan kemegahan hutan rawa primernya yang terletak di daerah Riau Sumatra. Sesungguhnya Indonesia memiliki banyak Taman Nasional yang dilindungi dengan kunikan dan karakteristinya masing – masing contohnya Taman Nasional Bamtimurung di Makassar dan Taman Nasional Teluk Cendrawasih di Papua.

Indonesia Explorer:

2 Photos of the Keindahan Danau Hitam Taman Nasional Zamrud

Hutan Rawa Primer Taman Nasional ZambrudTaman Nasional Zamrud
Keindahan Danau Hitam Taman Nasional Zamrud | Ismail | 4.5 | Tags :taman nasional,

Leave a Reply