Keindahan Alam Pantai Sawarna Banten Selatan

Pantai Sawarna
Advertisement

Anda mungkin sudah pernah mendengar mengenai keindahan alam pantai Sawarna. Pantai ini berlokasi di wilayah Kampung Gendol, Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Tepatnya sekitar 150 km dari pusat kota Rangkasbitung. Ketika berkunjung ke pantai Sawarna, anda akan menemukan keindahan alam yang masih asli serta air laut yang jernih dan tidak tercemar. Pantainya berpasir putih dan terdapat bukit hijau nan lebat. Panjang pantai Sawarna mencapai 65 km dihiasi dengan karang. Tidak salah kalau pantai Sawarna termasuk dalam 5 pantai indah yang dimiliki oleh Provinsi Banten. Wilayah pantai Sawarna pun terkenal dengan mitosnya mengenai sang penguasa pantai Selatan, Nyi Roro Kidul dan eksploitasi batu bara yang pernah dilakukan oleh penjajah asing dulu.

Untuk anda yang hobi berselancar, coba rasakan ombak pantai Sawarna yang spektakuler. Kehebatan ombak pantai Sawarna pun sudah terkenal sampai ke mancanegara. Terbukti dengan banyaknya peselancar dari Amerika, Australia, Jepang, Korea, dan negara-negara lain yang sering berkunjung ke pantai ini. Selain itu, masih ada lagi aktivitas yang bisa anda lakukan lainnya. Misalnya saja snorkeling. Anda bisa melihat beragam ikan hias dan terumbu karang yang ada di pantai Sawarna. Tidak hanya pantainya saja yang indah, terdapat pula wisata goa. Beberapa goa yang dapat dikunjungi yaitu Goa Lalay, Goa Sikadir, Goa Cimaul, Goa Singalong, dan Bukit Pasir Tangkil. Goa-goa tersebut merupakan goa karst (batu gamping).

Berkunjung ke suatu tempat tentu tidak akan lengkap kalau tidak mencicipi kulinernya. Di pantai Sawarna anda bisa membeli ikan teri halus dengan harga yang murah. Ini karena warga setempat merupakan nelayan yang menangkap ikan kecil dan ikan teri halus. Orang-orang lebih mengenalnya dengan nama teri medan. Rasa dari teri ini halus dan gurih. Seringkali dibuat pepes atau digoreng dan dicampur bersama terigu. Makanan ini bisa anda peroleh di warung-warung makan di sekitar pantai. Untuk anda yang ingin membeli oleh-oleh, anda bisa memperoleh gitar dan biola yang merupakan kerajinan masyarakat setempat. Kerajinan tersebut banyak diminati turis karena harganya relatif murah.

Untuk masalah penginapan, anda tidak perlu khawatir. Karena di kawasan pantai Sawarna telah tersedia berbagai macam jenis penginapan. Penduduk pun juga menyewakan rumah bagi rombongan yang mengunjungi pantai Sawarna. Di pantai ini pun terdapat satu penginapan yang cukup besar bernama Sawarna Beach dengan harga yang terjangkau. Karena tidak ada kendaraan umum yang melewati Desa Sawarna, maka sebaiknya anda menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan. Gerbang wisata wisata Sawarna biasanya kurang terlihat kalau malam, anda bisa bertanya masyrakat sekitar kalau merasa kebingungan.

Indonesia Explorer:

7 Photos of the Keindahan Alam Pantai Sawarna Banten Selatan

penginapan di pantai sawarna bantenpantai sawarna bantengoa karst pantai sawarnapantai sawarna bayahrute pantai sawarna bantenaktivitas pantai sawarna bantenPantai Sawarna
Keindahan Alam Pantai Sawarna Banten Selatan | Ismail | 4.5 | Tags :wisata banten selatan, penginapan pantai sawarna, pantai sawarna,

Leave a Reply