Kebun Buah Mangunan, Potensi Besar tapi Pengelolaan Kurang

kebun buah mangunan
Advertisement

Kebun buah Mangunan – Apa yang terbayang di piliran anda ketika mendengar kata kebun buah? Pasti anda akan berpikir tentang kebun yang luas yang banyak terdapat berbagai jenis tanaman  buah dan kita bebas jalan-jalan di dalamnya sembari menikmati buah tersebut langsung dari pohonnya. Begitulah juga yang saya bayangkan ketika akan berwisata di kebun buah mangunan, yang terletak di dlingo Bantul 25 km selatan kota jogja. Namun, apa yang saya bayangkan tersebut tidak sesuai dengan yang saya temukan di lokasi yang tiap orangnya dipungut retribusi sebesar Rp.5000 tersebut.

Kesan kebun buah memang Nampak ketika kita memasuki kawasan yang mempunyai luas sekitar 4 hektar tersebut. Banyak tanaman buah di kanan kiri jalan yang menjadi rute pengunjung. Hanya saja karena pas kebetulan bukan musim buah, jadi tidak ada yang bisa dinikmati saat itu. Hanya beberapa jenis pohon yang sedang berbuah, yaitu jeruk rambutan markisa dan duren. Yang menjadi masalah adalah ternyata tidak semua buah dapat dinikmati oleh pengunjung secara bebas. Hanya kebun buah rambutan yang bisa dinikmati oleh para pengunjung, sedangkan untuk buah duren dan jeruk tidak bisa dinikmati pengunjung (dilarang oleh pengelola). Terlihat dari proteksi yang dilakukan oleh pihak pengelola dengan, memasang plat lareangan memetik dan adanya pagar duri yang mengelilingi keduanya. Sedikit mengecewakan, karena pada saat itu (29 Agustus 2013) merupakan musim duren, tetapi harus membeli jika ingin menikmatinya dengan harga yang terbilang cukup mahal, padahal kita berada di sebuah kebun buah.

Kekecewaan sedikit terobati takala kita mencapai puncak bukit yang ada di ujung kebun, kita akan disuguhi pemandangan yang sangat indah. Pemandangan sungai oya yang terlihat dari atas seperti ular yang berkelok, dengan warna air yang hijau dipadukan dengan bukit kapur yang ada di timurnya. Dari titik itu kita bisa seperti berada di tanah lot yang ada di Bali, dengan jurang-jurang yang curam namun tetap indah.Dengan udara yang sangat sejuk dan angin yang semilir membuat sisi ini menjadi tempat favorit pengunjung untuk berfoto-foto.

Sungguh sangat disayangkan, potensi yang sangat besar dimiliki oleh kebun buah ini kurang mampu dioptimalkan oleh pihak pengelola.Terlihat dari kebun buahnya sendiri,kurangnya saung-saung untuk tempat beristirahat saung yang ada pun kondisinya memprihatinkan, selain itu ditengah area kebun juga terdapat sebuah kolam besar yang bisa digunakan untuk arena bermain air namun kondisinya sangat kotor dan airnya keruh.

Kebun buah mangunan menjadi salah satu gambaran pengelolaan kawasan wisata di daerah yang sebenarnya mempunyai potensi yang sangat besar namun pengelolaannya jauh dari yang diharapkan. Semoga cepat dibenahi!!!

Indonesia Explorer:

2 Photos of the Kebun Buah Mangunan, Potensi Besar tapi Pengelolaan Kurang

Kebun Buah Mangunankebun buah mangunan
Kebun Buah Mangunan, Potensi Besar tapi Pengelolaan Kurang | Ismail | 4.5 | Tags :mangunan, kebun buah mangunan,