Kebaya Indonesia Hadir Dengan Nuansa Berbeda Dari Masa ke Masa

Kebaya Indonesia
Advertisement

Kebaya Indonesia – Kebaya merupakan salah satu pakaian tradisional yang terbuat dari kain tipis dengan motif warna-warni. Pakaian kebaya sendiri telah dikenal di Indonesia sejak zaman kerjaan. Dahulu kala kebaya sering dijadikan sebagai pakaian wajib bagi anggota kelaurga kerajaan namun seiring perkembangan jaman, kebaya juga dikenakan oleh wanita-wanita di Indonesia sejak 1900 an. Hal ini diperkuat dengan banyaknya wanita tua dan paruh baya yang mengenakan kebaya saat zaman penjajahan belanda hingga jepang. Kebaya memang merupakan symbol keragaman budaya Indonesia.

Kebaya pertama kali dikenakan oleh wanita Jawa, hingga sekarang pun kebaya masih sangat dilestarikan oleh masyarakat jawa. Yogyakarta dan Solo merupakan kota dengan pemakaian kebaya terbesar di Indonesia. Jika kita mau berkunjung kesana, kita akan melihat beberapa wanita tua yang masih mengenakan model kebaya kuno dengan motif-motif klasik serta disertai penggunaan jarik bermotif batik kuno.

Transisi Model Kebaya Indonesia Menjadi Kebaya Modern

Seiring perkembangan jaman, model kebaya juga mengalami transisi menjadi kebaya yang lebih modern, meskpun tak menampik kemungkinan penggunaan kebaya klasik juga masih dipertahankan. Para desainer kebaya indonesia berupaya membuat kebaya dikenal masyarakat luas dan mampu menyatu dengan kehidupan masyarakat khususnya anak muda. Dengan demikian kebaya tak lagi dipandang sebagai pakaian kuno dan kampungan.

Model Kebaya Indonesia masa kini justru mengalami perubahan yang signifikan. Tak hanya hadir dengan motif bervareasi, namun kebaya modern juga mampu menggambarkan kemewahan dari busana esentrik yang dirancang dengan manik-manik gemerlap cantik dan detil penggarapan. Hal ini justru mengikis pendapat bahwa kebaya tak selamanya kuno, bahkan seiring perkembangan zaman kebaya dijadikan pakaian wajib untuk digunakan ke pesta-pesta kenegaraan, pertemuan khusus bahkan sudah menjadi kewajiban bagi para pelajar untuk mengenakannya peringatan hari-hari tertentu.

Jika dahulu wanita-wanita Indonesia lebih suka mengenakan kebaya dengan warna-warna monoton seperti hitam, coklat, abu-abu dan maroon, sekarang tidak lagi. Para desainer kebaya indonesia telah mampu menyesuaikan kebaya untuk dibawa dan dilestarikan dalam gaya modern seiring dengan perkembangan zaman. Beragam inovasi terbaru dari kebaya modern pun dihadirkan seperti kebaya berwarna kulit, kebaya keemasan, kebaya warna pastel, kebaya perak dan masih banyak lagi.

Model kebaya sekarang juga telah ditambahkan beberapa aksen brokat, sulaman benang emas, tambajhan korsase dan simpul dan masih banyak lagi. Hal inilah yang menjadikan kebaya Indonesia terasa lebih vareatif dan dicintai oleh-oleh wanita-wanita Indoenesia, khususnya anak muda sebagai bentuk karya seni yang selalu mengikuti perkembangan zaman.

Indonesia Explorer:

1 Photos of the Kebaya Indonesia Hadir Dengan Nuansa Berbeda Dari Masa ke Masa

Kebaya Indonesia
Kebaya Indonesia Hadir Dengan Nuansa Berbeda Dari Masa ke Masa | Ismail | 4.5 | Tags :Kebaya Indonesia, kebaya putri indonesia, kebaya modern indonesia,

Leave a Reply