Jembatan Ampera Ikon Wisata Kotan Palembang

Jembatan Ampera
Advertisement

Jembatan Ampera Palembang meruapan salah satu objek wisata bangunan yang terdapat di Palembang, Sumatera Selatan yang sekaligus menjadi ikon dari kota tersebut. Jembatan ini merupakan akses utama bagi masyarakat Palembang untuk melakukan berbagai macam aktivitas sehari – hari dan jika tidak ada bangunan ini, dapat dipastikan seluruh kegiatan di kotaPalembang dan sekitarnya akan lumpuh total.

Jembatan yang membelah Sungai Musi ini, sempat menjadi salah satu jembatan yang terbesar se-Asia Tenggara sekitar tahun 1965, di mana Jembatan Ampera di bangun dengan panjang 1117 meter dan lebar hingga 22 meter.  Pada tahun itu juga, presiden Soekarno lah yang meresmikan Jembatan Ampera di buka untuk umum dan kemudian di jadikan sebagai salah satu objek wisata terbesar yang terdapat di Palembang.

Setelah peresmian tersebut, Jembatan Ampera sempat di beri nama oleh masyarakat sekitar sebagai Jembatan Soekarno. Hal itu untuk menghormati Presiden Soekarno yang telah banyak berjasa untuk Indonesia khususnya kotaPalembang. Namun sejak adanya pristiwa G30S PKI dan berbagai isu – isu politik lainnya di tanah air. Kemudian, barulah masyarakat sekitar merubah jembatan Soekarno menjadi Jembatan Amanat Penderitaan Rakyat atau disingkat dengan Jembatan Ampera.

Menikmati kuliner khas Palembang di pagi hari

Ketika anda tiba di objek wisata Jembatan Ampera pada pagi hari, anda akan melihat berbagai macam pemandangan sungai musi yang cukup luas dengan aliran airnya yang deras. Di pinggiran sungai tersebut, andapun dapat menikmati berbagai macam kuliner khas kotaPalembang seperti empek – empek. Di samping itu, anda pun dapat berbelanja beragam macam benda – benda kerajinan, pernak – pernik buatan tangan, dan barang – barang souvernir untuk oleh – oleh bagi keluarga ataupun teman – teman di rumah.

Objek wisata Jembatan Ampera akan sangat indah sekali terlihat jika malam hari telah tiba. Dari pinggiran sungai anda dapat menyaksikan pemandangan lampu – lampu cantik yang menghiasi setiap sisi dari jembatan tersebut. Dalam beberapa saat anda pun akan terpanah akan keindahannya, dan mulailah untuk mendokumentasikannya. Untuk mencitpakan pemandangan yang lebih indah, anda pun dapat menyewa perahu nelayan sekitar untuk memfoto ataupun merekam suasana Jembatan Ampera pada malam hari dari tengah – tengah sungai Musi, dan hasilnya pasti akan lebih mengagumkan.

Secara garis besar, objek wisata Jembatan Ampera sangat cocok sekali sebagai salah satu wisata keluarga yang terletak di perkotaan. Akses untuk mencapai tempat wisata ini pun cukup mudah, yaitu dengan menggunakan kendaraan umum ataupun pribadi dari kotaPalembang dengan waktu tempuh sekitar 30 menit hingga 1 jam perjalanan.

Indonesia Explorer:

1 Photos of the Jembatan Ampera Ikon Wisata Kotan Palembang

Jembatan Ampera
Jembatan Ampera Ikon Wisata Kotan Palembang | Ismail | 4.5 | Tags :jembatan ampera, wisata palembang,

Leave a Reply