Jelajah Wisata Sungai Musi Palembang

Warung terapung sungai musi palembang
Advertisement

Sungai Musi – Di kota Palembang anda akan menemukan sebuah wisata air yang menyajikan pemandangan cukup indah pada malam hari, yaitu wisata Sungai Musi. Sungai tersebut adalah sungai yang terpanjang di kawasan Pulau Sumatera dengan panjang sekitar 750 kilometer dan telah digunakan sebagai alat transportasi air sejak masa Kerajaan Sriwijaya.

Sungai musi sebagai tempat wisata di Sumatera Selatan telah membelah Kota Palembang ke dalam dua kawasan yang berbeda pada bagian utara dinamakan seberang ilir dan pada bagian selatan dinamakan seberang ulu. Air dari Sunga Musi tidak akan mengalami kekeringan, hal tersebut dikarenakan air sungai tersebut di datangkan dari 9 anak sungai besar, mulai dari Sungai Rawas, Leko, Kelingi, Semangus, Komering, Batanghari, Lakitan, Lematang dan yang terakhir Sungai Ogan.

Sungai Musi Pusat Ekonomi Masyarakat Palembang

Sungai Musi mempunyai pengaruh yang sangat besar sekali bagi ekonomi masyarakat sekitar untuk berjualan, penangkaran ikan, ataupun jasa penyebrangan dengan menggunakan perahu motor. Akitvitas yang terjadi di pusat wisata sungai musi terbilang tidak pernah putus dari pagi hingga malam hari. Terutama sekali pada saat malam minggu anda akan melihat banyak sekali para wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan jembatan ampera di atas sungai musi dengan kelap kelip lampu hias pada keseluruhan bangunan tersebut.

Yang menjadi istimewa dari objek wisata Sungai Musi yaitu kawasan ini dapat di kunjungi oleh beragam usia dari anak – anak hingga orang tua. Anda pun akan melihat beragam perlombaan perahu, festival air, dan aktivitas lainnya pada hari – hari tertentu seperti hari peringatan kemerdekaan Indonesia.

Tidak ada pungutan biaya untuk memasuki pusat wisata Sungai Musi, namun anda perlu membayar sekitar 5 ribu rupiah untuk ongkos parkir jika membawa kendaraan pribadi. Fasilitas – fasilitas yang dapat anda temukan di sekitar Sungai Musi Seperti rumah makan terapung, hotel, tempat penyewaan perahu motor, tempat perbelanjaan kerajinan masyarakat sekitar dan masih banyak lagi lainnya dengan biaya mulai dari 50 ribu rupiah hingga 1 juta rupiah.

Untuk menuju objek wisata Sungai Musi Palembang, anda dapat menggunakan alat transportasi umum dari kota Palembang dengan jurusan ke Jembatan Ampera. Biaya untuk menaiki alat transportasi tersebut sekitar 3 ribu rupiah hingga 5 ribu rupiah. Anda pun dapat menggunakan alat transportasi Becak Motor khas palembang dengan biaya antara 5 ribu rupiah hingga 10 ribu rupiah, tentunya dengan waktu tempu yang lebih cepat.

Indonesia Explorer:

5 Photos of the Jelajah Wisata Sungai Musi Palembang

Wisata sungai musi palembangAmpera Bridge at Night, PalembangSungai Musi PalembangSunset di sungai musi palembangWarung terapung sungai musi palembang
Jelajah Wisata Sungai Musi Palembang | Ismail | 4.5 | Tags :wisata sumatera selatan, sungai musi palembang, jembatan ampera,

Leave a Reply