Jalan jalan ke Pusat Budaya dan Wisata Danau Toba Museum Batak

museum batak
Advertisement

Masyarakt suku Batak sebenarny memiliki sejarah yang cukup panjang dalam peradabannya. Tetapi sangat disayangkan 90% dari benda benda dari peninggalan sejarah dari suku mereka telah banyak dicuri dan dikirim keluarnegri. Karena masalah tersebut semua makan TB Sillahi memprakasai untuk dibangunnya Museum Batak Tomok ini.

Teletak di tepi danau Toba yang cukup terkenal di mancanegara ini, Museum Batak Tomok terletak di Desa Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara, atau tepatnya berada di Komplek TB Silalahi Center ujung perlintasan Pasar Cinderamata Tomok ke arah dalam Kuburan Tua Raja Sidabutar. Untuk mengunjungi museum, pengunjung harus menyeberangi Danau Toba. Biasanya berangkat dari dermaga Ajibata menuju ke dermaga penghubung Tomok di Pulau Samosir.

Arsitektur Bangunan Museum Batak

Museum ini berasiktektur rumah tradisional tempat tinggal suku Batak yang bernama Ruma Bolon yang memiliki ornamen yang cukup khas dan unik. Ukiran ukiran berwarna merah putih dan hitam sangat mendominasi dari dinding bangunan ini. Menurut orang Batak sendiri ketiga warna itu merupakan simbol simbol spiritual.

Selain itu pada dinding bangunan terdapat ukiran cecak yang memiliki makan sebagai pelindung dan memiliki pesana bahwasannya masyarakat Batak harus dapat berbaur dengan lingkungan yang mereka tinggali. Selain ukiran cicak juga terdapat ukiran emapt p4yud4ra sebagai simbol ibu atau tanah kelahiran. Sehingga, makna filosofis sesungguhnya dari ukiran cicak dan empat buah p4yud4ra itu adalah kelak bila orang Batak bepergian merantau kemana saja, hendaknya selalu ingat kepada kampung halamannya

Desain bangunan museum juga sengaja diciptakan modern. Di bangunan bertingkat tiga tersebut, terdapat laboratorium, ruang CCTV, ruang pelayanan dan ruang utilitas. Terdapat juga ruang pamer indoor tetap, ruang pamer temporer, ruang pamer benda khusus, ruang audio visual dan ruang edukasi.

Di bagian puncak, terdapat sebuah mini cafe dan viewing pack. Pengunjung dapat melihat langsung view danau Toba dari lokasi ini.

Museum Batak sebagai Pusat Budaya dan Pariwisata Danau Toba

Tidak hanya sebagai pusat kebudayaan, museum Batak juga berfungsi sebagai lokasi wisata. Posisinya yang berbatasan langsung dengan Danau Toba, membuat suasana museum menjadi lebih ‘hijau’.

Berdiri di atas lahan 180 meter persegi, museum Batak mengoleksi replika benda-benda peninggalan nenek moyang suku Batak sejak ribuan tahun lalu. Berbagai benda bersejarah, mulai perlengkapan kesenian, alat rumah tangga, sistem religi dan kepercayaan dipajang di museum.

Tak lupa hadir juga sejumlah rumah tradisional Batak yang berusia ratusan tahun. Berbagai fasilitas penunjang wisata, seperti kafe, restoran dan souvenir shop juga disediakan.

Indonesia Explorer:

1 Photos of the Jalan jalan ke Pusat Budaya dan Wisata Danau Toba Museum Batak

museum batak
Jalan jalan ke Pusat Budaya dan Wisata Danau Toba Museum Batak | Ismail | 4.5 | Tags :tempat wisata di sumatra utara, Tempat Wisata di Medan,

Leave a Reply