Gunung Tangkuban Perahu, Objek Wisata di Bandung yang Melegenda

kisah gunung tangkuban perahu
Advertisement

Bandung adalah salah satu kota terbesar di Jawa dan Indonesia. Bandung merupakan kota yang memiliki budaya yang kental. Budaya yang sangat kental pada kota ini adalah budaya Sunda. Di bandung banyak sekali terdapat objek wisata alam serta wisata budaya yang bisa anda kunjungi bersama keluarga. Jika anda menyukai wisata alam, maka di Bandung terdapat pantai serta kawasan pegunungan yang indah dan salah satunya adalah Gunung Tangkuban Perahu. Objek wisata di Bandung yang sangat melegenda ini merupakan objek wisata yang menjadi destinasi utama warga bandung maupun luar bandung ketika hari libur tiba.

Salah Satu Objek Wisata di Bandung Terpopuler

Objek wisata di Bandung terpopuler ini berada sekitar 20 KM di utara kota Bandung. Seperti namanya, Gunung Tangkuban Perahu adalah gunung berapi yang bentuknya yang menyerupai sebuah perahu terbalik yang terletak di Lembang. Gunung Tangkuban Perahu merupakan sebuah legenda dimana ada yang mengatakan bahwa Gunung Tangkuban Perahu berasal dari perahu yang ditendang hingga terbalik oleh Sangkuriang. Sangkuriang adalah dongeng serta legenda dari adat Sunda dimana sang anak yang bernama Sangkuriang yang diusir oleh ibunya ketika kecil dan tanpa dia sadari telah mencintai ibunya ketika tumbuh dewasa dan kembali ke desa tersebut. Gunung Tangkuban Perahu adalah sebuah tempat wisata alam yang sudah menjadi salah satu tempat wisata di Bandung yang paling terkenal.

Di Bandung sebenarnya banyak sekali wisata alam seperti Kawah Putih Ciwidey, Gunung Papandayan yang bisa anda daki serta yang paling populer adalah Gunung Tangkuban Perahu. Jika dibandingkan dengan dua wisata alam tadi, Gunung Tangkuban Perahu memiliki keunggulan tersendiri untuk dikunjungi. Alasan utama adalah yang pastinya jika ada warga dari luar Bandung pastinya akan penasaran dengan legenda asli kota Sunda tersebut. Objek wisata di Bandung yang sangat populer ini selain memberikan keindahan alam namun juga bisa menjadi sarana edukasi bagi pelajar jika datang berkunjung kesana karena nilai budaya serta mitos yang tersembunyi didalamnya.

Bagi warga Jakarta, objek wisata di Bandung merupakan objek wisata yang menjadi pilihan utama. Maka tak heran jika akhir pecan anda mengunjungi wisata ini akan banyak sekali kendaran bernomor plat B yang tak lain berasal dari Jakarta. Mengapa demikian? Selain karena di Bandung memiliki udara yang berbeda dari ibukota Jakarta yang panas, wisata ini memang selalu memberikan kenangan bagi setiap pengunjungnya. Selain anda bisa menikmati pemandangan alamnya, anda juga bisa belajar dari nilai-nilai sejarah serta budaya yang ada dalam gunung tersebut. Secara sekilas gunung tangkuban perahu memiliki bentuk yang sama dengan gunung bromo yang ada di Jawa Timur. Namun bedanya di Gunung Tangkuban Perahu tidak memiliki kaldera (lautan pasir) seperti yang ada di gunung bromo.

Indonesia Explorer:

8 Photos of the Gunung Tangkuban Perahu, Objek Wisata di Bandung yang Melegenda

cerita gunung tangkuban perahugunung tangkuban perahu bandungfoto gunung tangkuban perahulegenda gunung tangkuban perahubentuk gunung tangkuban perahuasal usul gunung tangkuban perahukisah gunung tangkuban perahuGunung Tangkuban Perahu Objek Wisata di Bandung
Gunung Tangkuban Perahu, Objek Wisata di Bandung yang Melegenda | Ismail | 4.5 | Tags :wisata di lembang, Objek Wisata di Bandung, gunung tangkuban perahi,

Leave a Reply