Goa Umbul Tuk, Tempat Wisata Di Blitar Yang Eksotis

Goa Umbul Tuk
Advertisement

Goa Umbul Tuk merupakan goa yang sering di kait-kaitkan dengan tempat persembunyian orang-orang PKI pada tahun 1960an. Memang goa yang terletak di di Desa Tumpak Kepah, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar tersebut memang sangat fenomenal, mengingat tempat ini dulunya dikenal sebagai tempat pelarian dan persembunyian dari para aktifis, simpatisan dan orang-orang yang dituduh sebagai PKI. Goa yang terletak tak jauh dari pesisir pantai selatan ini, semakin ramai ketika pada tahun 1968 di sisir oleh para tentara untuk menggelar operasi penumpasan sisa-sisa G 30 S/PKI, atau yang lebih dikenal dengan operasi Trisula. Menurut warga sekitar, Goa ini ditemukan pertama kali sekitar tahun 1984 oleh seorang pengmabala lembu yang pada saat itu sedang kehausan.

Dengan berlabel sejarah kelam, namun siapa yang menyangka apabila di Goa ini di dalamnya memiliki sejuta keindahan stalagnit dan stalgmit yang begitu mempesona. Semakin kita memasuki Goa Umbul Tuk ini, terik sinar matahari lama-kelamaan semakin tak terlihat lagi. Dan goa ini merupakan goa yang selalu di aliri air dan merupakan sumber air yang tak pernah kering. Goa yang memiliki panjang hingga 1500 meter ini, juga memiliki lebar dan tinggi hingga 3 meter pada sisi atas dan sampingnya. Selain itu, di dalam goa pengunjung akan merasa betah karena suasana di dalam goa yang sangat nyaman dan alami, dengan aliran air yang tenang.

Sejarah penemuan goa

Menurut cerita yang beredar mengenai penemuan goa ini, saat itu pengembala lembu tersebut sedang mencari air di sungai yang mengalir di luar goa. Dan pada saat itu, pria setengah baya tersebut menemukan tumpukan batu yang menutupi mulut goa, saat itu pula ia menuju kampung dan kembali lagi bersama warga sekitar untuk membongkar bebatuan tersebut. Untuk menyusuri Goa Umbul Tuk ini, diperlukan kewaspadaan yang cukup tinggi. Dengan merayap di dinding goa, menerjang air setinggi dada dengan kedalaman air yang tentu saja tidak sama serta bebatuan yang tajam dan licin yang sewaktu-waktu dapat mengancam keselamatan.

Keindahan stalagmit dan stalagtit

Pada goa ini memiliki pilar-pilar yang tersusun rapi yang berasal dari pertemuan antara stalagmit dan stalagtit yang menggantung indah di dinding goa. Tercatat, sudah lebih dari sepuluh jenis pilar yang telah dilabeli nama, rata-rata pilar yang diberi nama memiliki ukuran yang besar dan memiliki keunikan yang khas. Seperti Batu Sangga Buana, Batu Purbaya, batu Sangga Tretes, dan lain sebagainya. Jauh di dalam goa, aliran iar semakin tenang, hanya terdengar suar bebatuan yang jatuh di antara sebuah chamber atau kamar yang di dominasi dengan daratan. Dahulu, Goa Umbul Tuk ini memang memiliki sejarah kelam, namun sejak tahun 1992 pemerintah setempat mengubah area ini sebagai potensi wisata, yang hingga kini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Indonesia Explorer:

1 Photos of the Goa Umbul Tuk, Tempat Wisata Di Blitar Yang Eksotis

Goa Umbul Tuk
Goa Umbul Tuk, Tempat Wisata Di Blitar Yang Eksotis | Ismail | 4.5 | Tags :tempat wisata di blitar, Goa Umbul Tuk,

Leave a Reply