Festival Adventure Indonesia 2014 Lembata Nusa Tenggara Timur

Festival Adventure Indonesia 2014
Advertisement

Pada 24 – 29 September ini Pemerintahan Kabupaten Lembata bersama dengan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan menyelenggarakan Festival Adventure Indonesia 2014 (FAI 2014) di Lembata, Nusa Tenggara Timur. Festival ini akan di meriahkan dengan perlombaan fotografi dan menulis blog dengan tema “Adventure & Culture of Lembata”, dengan sasaran peserta di peruntukan untuk para travel blogger, fotografer, pecinta alam, maupun partisipan yang hanya sekedar menikmati acara. Peserta yang ditarget untuk mengikuti acara ini sebanyak 500 peserta.

Dalam acara Festival Adventure Indonesia 2014 ini para peserta akan diajak mengelilingi desa desa adat yang ada di sekitar Lembata serta para peserta akan di libatkan dalam acara adat yang dihelat seperti menari. Selain itu para peserta akan di berikan kesempatan untuk mencicipi masakan khas tradisional desa Lembata yang di buat langsung oleh masyarakat setempat. Para peserta pun akan di ajak bermalam di rumah warga yang ada di desa sekitar.

Kegiatan selanjutnya adalah trekking, mengikuti pesta kacang dan menikmati Matahari terbut di atas puncak Gunung Ile Lewotolok. Tradisi penangkapan ikan paus yang sangat terkenal di Lembata pun akan disaksikan peserta. Acara puncak diselenggarakan di Kota Lewoleba dengan menampilkan pementasan seni dari 9 kecamatan di Lembata.

Penunjukan Kabupaten Lembata dalam penghelatan Festival Adventure Indonesia 2014 ini di karenakan kondisi geografis kabupaten Lembata yang sangat cocok untuk wisata petualangan. Infrastrutur di kabupaten Lembata masih belum lengkap sehingga para peserta dapat mendirikan tenda atau dapat bermalam dengan warga setempat, serta budaya dan alam yang ada di Kabupaten Lembata masih sangat alami.

FAI-2014 adalah festival pertama yang bertujuan memperkenalkan Lembata ke dunia internasional. Khusus untuk acara ini, Pemda Lembata tengah mempersiapkan destinasi unggulan seperti Kota Lewoleba, Bukit Wolorpass, Desa Lemagute, Desa Amakaka, Gunung Ile Lewotolok, Desa Jontona, Teluk Waienga, Pasar Tradisional dan Desa Nelayan Lamalera.

Di Lembata sangat terkenal dalam atraksi penangkapan ikan paus liar secara tradisional, yaitu dengan tombak. Tradisi turun temurun ini telah di lakukan oleh masyarakt Desa Nesa Lamera selama bertahun tehun. Berdasarkan Suvey yang telah di lakukan The World Wildlife Fund (WWF) menyatakan bahwa perburuan ikan paus yang di lakukan desa nelayan Lamera ini tidak mengancam populasi biota laut khususnya ikan paus.  Ikan paus jenis sperma yang ditangkap di Lamalera rata-rata sebanyak 21 ekor per tahun, jauh dari total populasi ikan tersebut di dunia yakni sekira 360 ribu ekor, sehingga kelestarian tidak terganggu.

Indonesia Explorer:

4 Photos of the Festival Adventure Indonesia 2014 Lembata Nusa Tenggara Timur

Festival Adventure Indonesia 2014Festival Adventure Indonesia 2014Festival Adventure Indonesia 2014Festival Adventure Indonesia 2014
Festival Adventure Indonesia 2014 Lembata Nusa Tenggara Timur | Ismail | 4.5 | Tags :wisata petualangan, atraksi menangap ikan paus, festival adventure indonesia 2014,

Leave a Reply