Daftar Lima Wisata Populer di Garut

wisata di garut pantai karang paranje
Advertisement

Wisata di Garut – Garut memiliki berbagai wisata yang bisa dinikmati untuk menghabiskan masa liburan atau cuti baik itu bersama keluarga maupun teman-teman terdekat. Garut merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang menawarkan berbagai fasilitas serta lokasi atau obyek wisata yang indah dan cukup populer serta telah menjadi favorit para wisatawan baik itu dari dalam kota maupun luar kota Garut sendiri.

Berikut ini daftar lima obyek wisata populer yang bisa ditemukan dan dinikmati di Garut.

1. Pantai Cijeruk Indah

Pantai Cijeruk Indah merupakan salah satu obyek wisata pantai yang populer di Garut. Pantai ini merupakan daya tarik wisata pantai yang terletak di Desa Sagara, Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat, Indonesia. Pantai ini dikelola oleh Kompepar Yayasan Cijeruk Indah.

Pantai Cijeruk Indah secara konfigurasi, memiliki lahan dengan kemiringan pantainya yang landai, stabilitas tanahnya yang sedang dan daya serap tanahnya cukup baik. Pasir pantai merupakan jenis material tanah yang berada di Cijeruk Indah ini. Warna air di kawasan ini terdiri dari biru yang berada di tengah pantai dan warna hijau kecokelatan yang terdapat di pertemuan muara dengan air laut.

2. Pantai Karang Paranje

Pantai Karang Paranje berlokasi di Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Pantai ini masih termasuk ke dalam wisata pantai di Kabupaten Garut yang masih perawan dan belum dikembangkan menjadi tujuan wisata. Pantai ini menawarkan pemandangan alam pantai yang sangan indah dengan gugusan karang yang berada di tepi pantai yang menjadi keunikan dan daya tarik pantai itu sendiri.

Dari pantai karang paranje juga dapat dinikmati suasana sore yang eksotis untuk melihat matahari terbenam (sunset) secara jelas ditepi pantai tersebut. Pantai yang berada di desa Karyasari, kecamatan Pameungpeuk, kabupaten Garut – Jawa Barat ini sekarang dikelola oleh Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) dan status kepemilikannya dimiliki oleh masyarakat lokal.

3. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan merupakan salah satu gunung api yang berlokasi di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat atau sekitar 70 kilometer sebelah tenggara kota Bandung, Jawa Barat. Gunung ini memiliki beberapa lokasi wisata yang menarik perhatian para pengunjung, seperti kawah Papandayan, padang rumput Blok Pondok Saladah, dan juga Blok Sumber Air Panas. Para pengunjung bisa menikmati pemandangan alam nan indah dan alami serta udara yang sejuk.

4. Candi Cangkuang

Candi Cangkuang merupakan candi Hindu di wilayah Kampung Pulo, Cangkuang, Kecamatan Leles, Garut, Jawa Barat. Candi ini merupakan satu-satunya Candi Hindu yang ditemukan di Tatar Sunda. Letak Candi Cangkuang ini cukup unik karena berada di sebuah puncak bukit kecil yang dikelilingi oleh sebuah Situ atau Danau yaitu Situ Cangkuang. Situs ini berada pada jarak sekitar 3 kilometer dari pusat kota garut, dan bisa ditempuh dengan menggunakan jasa delman, ojek, atau bisa juga dengan berjalan kaki.

Selain terdapat sebuah situs candi, di areal Candi Cangkuang Garut ini juga terdapat sebuah makam kuno dari batu yang oleh masyarakat sekitar disebut sebagai makam Embah Dalem Arief Muhammad yang diyakini sebagai sesepuh pendiri daerah tersebut.

5. Makam Keramat Godog

Makam Godog merupakan makam yang berlokasi di lereng Gunung Kracak, Desa Lebak Agung, Kecamatan Parangpawitan, Garut, Jawa Barat. Banyak yang percaya bahwa makam ini merupakan makam Prabu Kean Santang atau disebut juga dengan Sunan Godog karena dimakamkan di Godog.

Kini makam Godog banyak didatangi penziarah. Oleh sebagian orang makam ini memang sangat dikeramatkan, karena Kean Santang sering disejajarkan dengan para wali yang berjasa dalam penyebaran Islam di pulau Jawa. Mereka yang datang bukan hanya dari wilayah Tatar Sunda saja, tetapi banyak pula yang datang dari luar Jawa.

Kelima tempat wisata di Garut di atas merupakan obyek wisata populer yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan selama di Garut. Tak akan lengkap rasanya berkunjung ke Garut tanpa mengunjungi kelima obyek wisata di atas.

Indonesia Explorer:

5 Photos of the Daftar Lima Wisata Populer di Garut

Makam Godog Garutwisata di garut Candi Cangkuangwisata di garut Gunung Papandayanwisata di garut pantai karang paranjewisata di garut Pantai Cijeruk Indah
Daftar Lima Wisata Populer di Garut | Ismail | 4.5 | Tags :tempat wisata di garut, Wisata di Garut, wisata belanja di garut, wisata garut,

Leave a Reply