Cerita Dongeng Legenda Danau Toba

Legenda Danau Toba
Advertisement

Legenda Danau Toba – Danau Toba merupakan objek wisata alam terindah yang terdapat di pulau Sumatra. Objek wisata ini sering di kunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara pada saat musim liburan nasional maupun ketika akhir pekan. Namun tahukah anda bagaimana terbentuknya danau Toba tersebut? Menurut masyarakat sekitar sebenarnya Danau Toba mempunyai legenda sendiri, untuk itulah kami akan menceritakan asal usul mengenai danau terindah ini.

Dahulu kala ada seorang pemuda yang tinggal di sebuah desa di kawasan Sumatera Barat. Pemuda tersebut bekerja sebagai petani untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari. Walaupun usianya sudah cukup untuk memulai kehidupan berumah tangga, namun pemuda tersebut tetap ingin hidup sendirian di rumah dan pekarangannya yang terbilang tidak luas.

Awal mula legenda danau toba terjadi, yaitu pada saat pemuda petani tersebut memancing di sebuah sungai dan dia berharap untuk mendapatkan ikan besar yang banyak dengan niat di dalam hatinya. Tak lama berselang, pemuda tersebut merasakan sebuah gerakan pada pancingannya, ia pun sesegera mungkin menarik dan akhirnya mendapati seekor ikan yang sangat besar.

Pemuda tersebut sempat terkejut dengan penampilan dan bentuk dari ikan yang mempunyai warna sisik terindah “kuning emas kemerah merahan”. Serta ketika melihat pada bagian matanya mengeluarkan pancaran cahaya yang menakjubkan. Keterkejutan pemuda tersebut pun semakin bertambah ketika Ikan yang di tangkapnya berbicara dengan sangat lantang untuk tidak memakannya.

Karena semakin terkejutnya, akhirnya ikan tersebut terlepas dari tangan sang pemuda dan kemudian terjatuh ke tanah, sesaat setelah itu, ikan tersebut berubah bentuk menjadi seorang gadis yang cantik jelita yang bernama puteri.

Singkat cerita, akhirnya pemuda petani tersebut menikah dengan puteri dan memberikan sebuah perjanjian bahwa pemuda petani tersebut tidak boleh menceritakan asal usul puteri kepada siapaun, dan jika semua itu di langgar, maka puteri memastikan akan terjadi sebuah bencana yang mengerikan.

Kehidupan pemuda dan puteri berjalan sangat harmonis dan akhirnya dia di karuniai seorang anak yang diberi nama Putera. Putera adalah anak laki – laki yang kuat, sehat namun sungguh nakal. Suatu hari ketika Putera disuruh ibunya untuk mengantarkan sebuah makanan ke bapaknya yang sedang bekerja di lading, ternyata dia tidak memenuhi tugas tersebut dengan baik. Dan bapaknya pun pulang kerumah sambil menahan haus dan lapar.

Tragedi besar terjadi ketika ayahnya mengatakan kepada putera dengan sebutan Anak tidak tau terima kasih, tidak tahu diri, dari anak ikan. Pantangan tersebut akhirnya dilanggar dan kemudian keluarlah air secara terus menerus dari kaki sang petani hingga membentuk sebuah danau yang dikenal dengan nama danau toba.

Indonesia Explorer:

1 Photos of the Cerita Dongeng Legenda Danau Toba

Legenda Danau Toba
Cerita Dongeng Legenda Danau Toba | Ismail | 4.5 | Tags :cerita legenda danau toba, Legenda Danau Toba,

Leave a Reply