Candi Sukuh, Candi Erotis Penuh Magis

Candi Sukuh
Advertisement

Candi Sukuh - Mungkin Anda sudah tidak asing lagi ketika mendengar kata candi borobudur dan candi prambanan. Tapi ketika mendengar candi sukuh, pastinya masih terasa asing di telinga Anda. Candi Sukuh sendiri memang terletak di daerah yang cukup terpencil sehingga susah untuk dicapai melalui jalur angkutan umum, mungkin hal inilah yang membuat Candi Sukuh Solo kurang populer.

Selain terpencil, jalan menuju Candi Sukuh juga terkenal dengan tanjakannya yang sangat curam. Pertimbangan lainnya adalah karena bentuk-bentuk dari candi itu sendiri yang terkesan erotis sehingga tidak disarankan membawa anak-anak ketika mengunjungi Candi ini.

Lokasi Menuju Candi Sukuh

Kompleks candi Sukuh tidak terlalu luas, di sisi kanan dan kiri dihiasi dengan beberapa relief. Di sisi kanan ada relief gambar seekor burung garuda yang kaki-kakinya mencengkeram seekor naga. Dan yang lainnya adalah gambar-gambar atau relief erotis berupa sosok manusia tanpa busana.

Tentunya ini terlihat sangat aneh mengingat candi sendiri merupakan tempat ibadah. Di dekat candi utama yang berada di teras ke tiga, ada sebuah panggung cukup tinggi dan menara batu di bagian depan panggung. Menara tersebut pun tak lepas dari relief manusia tanpa busana.

Candi sukuh terletak di lereng Gunung Lawu pada ketinggian lebih dari seribu meter dpl. Untuk menuju ke sana, dari Terminal Tirtonadi Solo, Anda bisa naik bis umum jurusan Solo-Tawangmangu dan turun di Karang Pandan, selanjutnya Anda harus naik minibus jurusan Kemuning dan disambung dengan ojek hingga ke kawasan candi.

Untuk wisata candi lainnya yang tidak jauh dari Solo and juga dapat berkunjung ke Candi Prambanan

Indonesia Explorer:

2 Photos of the Candi Sukuh, Candi Erotis Penuh Magis

candi sukuh soloCandi Sukuh
Candi Sukuh, Candi Erotis Penuh Magis | Ismail | 4.5 | Tags :candi sukuh solo, Candi Sukuh,

Leave a Reply