Candi Prambanan, Tempat Wisata Kebudayaan Hindu Di Jogja

candi prambanan
Advertisement

Ada banyak sekali tempat wisata dengan berbagai jenis yang bisa ditemukan dan juga dipilih di Jogja. Jogja atau Yogyakarta merupakan sebuah wilayah atau daerah yang memiliki keistimewaan di Indonesia yang dipimpin oleh seorang Sultan atau Raja. Jogja memiliki nama lain, yaitu Kota Gudeg yang berasal dari Gudeg, yaitu makanan khas yang bisa ditemukan di Jogja. Selain itu, Jogja juga dikenal sebagai salah satu tujuan wisata yang diminati oleh para wisatawan baik itu wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Jika Anda ingin menghabiskan liburan atau cuti bersama dengan keluarga atau teman-teman dekat Anda, tidak ada salahnya Anda memilih Jogja sebagai lokasi menghabiskan liburan Anda karena Anda bisa mengunjungi berbagai tempat wisata mengagumkan di Jogja. Salah satu tempat wisata di Jogja yang bisa Anda kunjungi adalah Candi Prambanan.

Candi Prambanan atau disebut juga dengan Candi Roro Jonggrang merupakan salah satu tempat wisata kebudayaan di Jogja yang termasuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO yang berupa sebuah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini berlokasi di Jalan Raya Jogja – Solo Kilometer 16, Prambanan, Sleman, Yogyakarta Indonesia. Candi ini dibangun pada masa pemerintahan Rakai Pikatan dan Rakai Balitung dengan tinggi hingga 47 meter untuk menunjukkan kejayaan Hindu di tanah Jawa.

Kompleks Candi Prambanan memiliki tiga candi utama, yaitu Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa. Ketiga candi tersebut merupakan perlambang dari Trimurti, tiga Dewa dalam agama Hindu. Selain ketiga candi tersebut, terdapat juga candi pendamping yang bernama Candi Garuda yang dipercaya merupakan burung mistik dalam mitologi Hindu yang memiliki kemampuan untuk melindungi. Di kompleks candi ini juga terdapat relief Ramayana yang menceritakan kisah Ramayana yang kabarnya cocok dengan kisah yang diceritakan secara lisan serta relief Kalpataru, sebuah pohon yang dipercayai sebagai pohon kehidupan.

Selain menikmati keindahan kompleks Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang, para pengunjung juga bisa menikmati pertunjukan sendratari Ramayana yang diadakan pada bulan tertentu pada malam hari.

Ada banyak tempat wisata di Jogja yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang yang menawarkan berbagai keindahan masa lalu yang masih terjaga sampai sekarang.

Indonesia Explorer:

1 Photos of the Candi Prambanan, Tempat Wisata Kebudayaan Hindu Di Jogja

candi prambanan
Candi Prambanan, Tempat Wisata Kebudayaan Hindu Di Jogja | Ismail | 4.5 | Tags :candi prambanan, kota gudeg, tempat wisata di jogja,

Leave a Reply