Candi Prambanan, Candi Hindu Terbesar Di Indonesia

candi prambanan peninggalan kerajaan
Advertisement

Candi Prambanan – Bagi anda yang ingin berlibur tapi bingung menetukan pilihan tampaknya Jogja merupakan destinasi yang patut dipertimbangkan mengingat ada banyak hal yang bisa dinikmati. Bukan saja jogja terkenal dengan budaya jawa yang sangat kental, masakan gudeg yang mempunyai cita rasa istimewa, tetapi juga hadirnya berbagai macam objek wisata yang sudah terkenal ke seluruh dunia.

Dari sekian banyak objek wisata, candi prambanan merupakan salah satu tempat wisata yogyakarta favorit bagi banyak orang yang datang ke kota Gudeg.

Keistimewaan Candi Prambanan

Apa keistimewaan candi ini Mungkin inilah pertanyaan yang muncul di benak orang yang belum pernah menyaksikan secara langsung candi hindu terbesar ini. salah satu nilai lebih prambanan dari aspek pariwisata adalah candi ini merupakan peninggalan kerajaan hindu yang konon pernah berjaya di negeri tercinta ini. Selain itu, arsitektur prambanan yang megah juga merupakan daya tarik tersendiri. Sebelum anda datang ke prambanan, ada baiknya mengetahui banyak hal atau sejarah candi kedua terbesar di Indonesia ini. Menurut sumber terpercaya, candi ini dibangun pada abad 9 masehi. Lokasi prambanan ada di antara perbatasan jogja dan klaten. Untuk mencapai tempat wisata ini, dibutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dari kota jogja.

Selain prambanan, banyak juga penduduk lokal yang memanggil candi ini dengan sebutan candi rara jonggrang. Apa yang anda bayangkan tetang candi rara jonggrang prambanan Bila yang terlinta dibenak seperti candi Borobudur yang merupakan bangunan tunggal, anda salah besar. Prambanan merupakan komplek yang terdiri dari beberapa candi. Tiga candi utama yaitu candi brahma, candi wisnu dan candi siwa. Bangunan yang paling besar dari ketiga candi utama itu adalah candi siwa. Tinggi candi siwa 47 meter dengan lebar 34 meter. Ya, ketiga dewa dalam ajaran hindu ini disebut trimurti. Selain ketiga candi utama tersebut, masih ada beberapa candi yang perlu anda ketahui. 3 candi wahana, 2 candi apit, 4 candi kelir dan 4 candi patok merupakan bagian lain dari kompek candi hindu yang terbesar di Indonesia ini yang kini sudah merupakan warisan dunia yang dilindungi WHO. Untuk memberdayakan fungsi candi sesuai dengan aslinya, masyarakat Hindu joga kini menggunakannya sebagai tempat perayaan nyepi setiap tahun. Tentu saja hal ini perlu mendapat dukungan karena memang candi peninggalan agama Hindu ini di bentuk oleh para kaum hindu yang hidup pada abad ke-9 masehi.

Bagaimana cara mudah mencapai candi prambanan

Ada beberapa alternatf yang bisa di tempuh untuk bisa tiba di candi ini. Bila anda berangkat dari kota jogja, anda bisa memulai perjalanan dari terminal giwangan. Perjalanan ke prambanan bisa ditempuh dengan menggunakan bis umum yang tarifnya kurang lebih 5.000. jarak prambanan dari kota jogja sekitar 20 km. untuk memudahkan perjalanan ke candi ini, menggunakan kendaraan bermotor lebih disarankan karena bisa menghemat waktu dan menghindari macet. Itulah beberapa hal penitng yang perlu diketahui tentang candi peninggalan agama hindu ini.

Sebagai anak bangsa, kita tentu saja patut bersyukur atas warisan masa lalu yang masih bisa kita saksikan. Ada banyak hal yang anda bisa ambil setelah mengunjungi candi ini. salah satunya adaah betapa negeri ini memiliki sejarah yang luar biasa. Hal ini bisa dibuktikan dengan kemampuan arsitektur yang luar biasa pula. Mungkin anda tak pernah bisa mebayangkan bagaimana orang jaman dulu dengan teknolgi terbatas biasa membuat candi semegah ini. nah, itulah kelebihan candi agama Hindu prambanan: megah, unik dan istimewa.

Bila anda datang ke prambanan, tentu saja yang harus dinimati bukan saja sekedar megah dan uniknya arsitektur tapit juga makna relief yang ada di setiap candi. Untuk memahaminya tentu saja diperlukan seorang guide yang telah disediakan oleh pengelola tempat wisata.

Indonesia Explorer:

3 Photos of the Candi Prambanan, Candi Hindu Terbesar Di Indonesia

candi prambanan peninggalan kerajaancandi prambanan yogyakartaCandi Prambanan
Candi Prambanan, Candi Hindu Terbesar Di Indonesia | Ismail | 4.5 | Tags :wisata candi di yogyakarta, candi hindu indonesia, candi prambanan,

Leave a Reply