Berpetualang Menulusuri Hutan di Wisata Alam Kubu Perahu Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Wisata Alam Kubu Perahu
Advertisement

Wisata Alam Kubu Perahu merupakan objek wisata lampung barat yang banyak dikunjungi oleh turis lokal maupun asing, tempat wisata ini terletak di Pekon Kubu Perahu, Kecamatan Balik Bukit, Kabupaten lampung Barat. Tempat wisata ini memang menarik untuk dikunjungi, selain tempatnya yang sejuk, tempat wisata ini juga cocok untuk dijadikan tempat berkemah maupun bertualang. Memang untuk daerah Lampung objek wisata tak ada habisnya, mulai dari pemandian air panas, pesona pantai hingga wisata alam  yang sangat cock untuk liburan sekeluarga. Tempat wisata ini terletak di tengah Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). Likasi tujuan wisata Alam Kubu Perahu ini berada di Kecamatan Balik Bukit Barisan, 7 kilometer dari Kota Liwa yang merupakan ibukaota Lampung Barat. Dari Kota Liwa, perjalanan hanya ditempuh dengan waktu sekitar 10 menit saja.

Di tempat ini, pengunjung dapat melihat rimbunnya pohon pohon besar dt Taman Nasional Bukit Barisan Selatan yang begitu indah.dan dilokasi ini pula sangat cocok untuk dijadikan tempat jungle run atau petualangan menelusuri hutan. Di tempat Wisata Alam Kubu Perahu ini pula pengunjung juga dapat melakukan berbagai kegiatan mulai dari memancing, berkemah dan tentu saja menikmati keindahan air terjun Sepapa Kiri, Sepapa Kanan dan Way Asah. Namun yang tak boleh ketinggalan, pengunjung juga akan disuguhkan dengan berbagai jenis folra dan fauna yang begitu mempesona, yang menjadikan para pengunjung tidak bosan untuk kembali ke tempat ini.

Berbagai Koleksi Flora Taman Wisata Alam Kubu Perahu

Terdapat berbagai jenis flora yang ada di alam kubu perahu ini, bahkan tanaman jenis anggrek terdapat 60 jenis, seperti anggrek alam dan juga pepohonan langka yang memiliki usia hingga ratusan tahun, seperti pohon kuning, meranti dan ada pula rengas. Untuk fauna yang ada di Wisata Alam Kubu Perahu, antara lain majangan, beriuk, kera ekor panjang, wauwau, gajah sumatra, siamang, rusa sambar, serta berbagai jenis satwa burung langka seperti, burung rangkong, kuau kerdil, giant pitta, sesep madu, elang, dan masih banyak lagi lainnya. Bahkan di tempat ini pula terdapat beragam jenis kupu-kupu yang tampak hadir hilir mudik menemani para pengunjung berwisata.

Namun tak hanya menghadirkan beragam jenis flora dan fauna semata, tempat wisata ini juga menyediakan berbagai fasilitas yang cukup memadai. Diantaranya Pusat Bumi Perkemahan (BUPER), jalan setapak, papan interpretasi penunjuk arah, pondok kerja, shelter tempat beristirahat dan tentu saja MCK. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini, akan dikenakan biaya masuk yang sangat terjangkau, untuk wisatwan lokal akan dikenakan tarif hanya Rp 1.500 saja untuk satu orang. Sedangkan untuk wisatawan asing akan dikenakan tarif sebesar Rp 15.000/per orang. Semua pengunjung diwajibkan mematuhi segala peraturan yang telah dibuat, termasuk tidak dibolehkannya merusak atau mengambil tumbuhan yang berada diwilayah wisata lampung barat ini. Wisata Alam Kubu Perahu akan lebih ramai pada saat musim liburan sekolah tiba.

Indonesia Explorer:

1 Photos of the Berpetualang Menulusuri Hutan di Wisata Alam Kubu Perahu Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Wisata Alam Kubu Perahu
Berpetualang Menulusuri Hutan di Wisata Alam Kubu Perahu Taman Nasional Bukit Barisan Selatan | Ismail | 4.5 | Tags :wisata lampung barat,

Leave a Reply