Benteng Fort Rotterdam, Benteng Kerajaan Gowa Tallo Makassar

Patung-Sulatan-Hasanudin-di-Fort-Rotterdam
Advertisement

Benteng Fort Rotterdam atau Benteng Ujung Pandang merupakan benteng peninggalan dari kerjaan Gowa-Tallo. Benteng ini dibangung pada tahun 1545 oleh Manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapa’risi’ kallonna Raja Gowa ke-9. Benteng ini terletak di pinggir pantai tepi barat Makassar, depan dermaga penyebrangan Makssar.

Benteng Fort Rotterdam merupakan benteng yang berbentuk penyu yang mengarah ke lautan yang melambangkan filosofi Kerajaan Gowa yang Berjaya di lautan maupun didartan. Pada awal pembangunannya Benteng Rotterdam Makassar di buat dari bahan tanah liat, dan kemudian kotruksi benteng ini diganti dengan batu padas dari Pegunungan Karst di daerah Maros oleh Raja Gowa ke -14 Sultan Alaudin.

Sejarah Benteng Fort Rotterdam atau Benteng Panyua

Benteng Fort Roterdam dikenal oleh orang Gowa-Makssar dengan sebutan Benteng Panyyua (Penyu) karena bentuknya sepertipenyu. Benteng ini merupakan markas dari pasukan Katak Kerajaan Gowa. Nama asli dari Rotterdam Makassar sebenarnya adalah Benteng Ujung Pandang.

Pada tahun 1666 Belanda memutuskan untuk menaklukan Kerjaan Gowa agar kapal dagang VOC udapat masuk dengan mudah dan merapat di daerah Gowa dan memperluas kekuasaan Belanda didaerah Banda dan Maluku.Belanda terus melakukan pegempuran ke Benteng Ujung Pandang yang di pimpin oleh Jendral Spellman selama setahun hingga Kerajaan Gowa hancur dan takluk oleh Belanda. Kekalahan ini memaksa Raja Gowa untuk menandatangani Perjanjian Bongaya pada tahun 1667, dan yang salah satu isinya Kerajaan Gowa harus menyerahkan Benteng Ujung Pandang ke Belanda.

Setelah menaklukan Kerajaan Gowa, Jendral Spellman memutuskan untuk menetap disan denganmembangun kembali Benteng dangan arsitektur Belanda. Nama Benteng Ujung Pandang kemudian di rubah menjadi Benteng Fort Roterdam oleh Jendral Spellman untuk mengenang kota kelahirannya.

Pada tahun 1834 Benteng Fort Roterdam menjadi penjara bagi Pangeran di Ponegoro hingga waftanya. Pangeran Diponoegoro di penjarakan dalam sebuah ruangan yang berdinding kokoh berbentuk melengkung. Disana Pangeran Diponegoro dilengkapi dengan peralatan sholat dan peralatan tidur.

Indonesia Explorer:

2 Photos of the Benteng Fort Rotterdam, Benteng Kerajaan Gowa Tallo Makassar

Patung-Sulatan-Hasanudin-di-Fort-RotterdamBenteng Fort Rotterdam
Benteng Fort Rotterdam, Benteng Kerajaan Gowa Tallo Makassar | Ismail | 4.5 | Tags :Benteng Fort Rotterdam, Benteng Fort Roterdam, tempat wisata di makassar,

Leave a Reply