Batik Indonesia Menjadi Trendsetter Masa Kini

batik indonesia
Advertisement

Siapa yang tak kenal dengan Batik Indonesia. Batik merupakan karya seni asli Indonesia yang sudah ada sejak jaman Kerajaan Majapahit. Batik juga merupakan warisan leluhur yang masih ada sejak saat ini. Perkembangan batik di Indonesia juga sangat pesat, bahkan tak jarang orang-orang mengenakan batik pada acara-acara kenegaraan dan pesta. Batik buatan Indonesia juga merupakan sebuah karya seni yang dituangkan ke dalam bentuk lukisan kain, tak heran jika batik kini juga banyak digemari oleh kaum muda.

Jenis batik indonesia yang dikenakan para kaum muda biasanya telah disesuaikan dengan gaya pakaian saat ini sehingga tak jarang para wanita dan pria mengenakan batik dengan alasan trendsetter. Hal ini membuktikan bahwa batik ternyata tak sepenuhnya digemari oleh kalangan tua atau sesepuh saja namun juga menjadi bagian fashion anak muda.

Perkembangan Batik Indonesia

Motif batik indonesia memiliki perkembangan yang cukup pesat di Indonesia. Banyak sekali para designer yang mendedikasikan batik sebagai karya seni yang mengagumkan yang dibentuk menjadi sebuah gaun dan baju yang trendi. Hal ini sekaligus menepis kemungkinan bahwa batik tak selamanya kuno dan outdate fashion. Para designer batik bahkan dapat mengubah model batik menjadi gaun, kemeja dan sepatu yang sangat fashionable bahkan hingga hingga dipasarkan secara Internasional meliputi negara-negara di Amerika, Cina, Korea, Jepang, Jerman, Perancis dan amsh banyak lagi.

Amerika Serikat merupakan salah satu contoh negara penggemar batik buatan Indonesia. Baru-baru ini istri Duta Besar Indonesia yang berada di US menggelar acara fashion show batik di gedung KBRI Washington DC, Amerika. Fashion show ini menampilkan 60 ragam kain batik Indonesia, diantaranya Batik Cirebon, Batik Pontianak, Batik Yogyakarta, Batik Pekalongan, Batik Solo dan masih banyak lagi. Dalam acara ini, pihak penyelenggara juga memberikan sedikit tips dan kiat-kiat cara membuat batik tulis dengan menggunakan canting dan antusias para pengunjung yang menyaksikan acara ini juga sangat luar biasa. Mayoritas dari mereka dalah pengamat budaya dan pakar seni dari Amerika yang sengaja datang untuk melihat karya-karya dalam negeri.

Sejak mendapatkan pengakuan dari UNESCO, batik Indonesia semakin banyak digemari bahkan dunia Internasional juga turut memberi dukungan penuh. Tak selamanya pakian batik terlihat kuno, justru seiring perkembangan era batik bisa menjadi pakaian yang modis dan penuh daya seni. Batik Indonesia merupakan suatu karya seni yang patut dibanggakan dan dilestarikan keberadaannya. Oleh karena itu, membiasakan diri mengagumi dan menggunakan produk-produk dalam negeri, khususnya batik merupakan suatu appresiatif terhadap karya seni bangsa sendiri sehingga mampu melestarikan karya-karya bangsa untuk diperkenalkan ke dunia internasional. Jika kita tidak memulai untuk melestarikan batik buatan Indonesia dengan cara menggunakannya, lantas siapa lagi yang harus melestarikannya?

Indonesia Explorer:

1 Photos of the Batik Indonesia Menjadi Trendsetter Masa Kini

batik indonesia
Batik Indonesia Menjadi Trendsetter Masa Kini | Ismail | 4.5 | Tags :tempat wisata di indonesia, batik indonesia, batik tulis,

Leave a Reply