Air Terjun Sigura Gura Tertinggi di Indonesia

Air Terjun Sigura Gura
Advertisement

Air Terjun Sigura Gura merupakan air terjun tertinggi yang ada di Indonesia. Air terjun ini memiliki ketinggian hingga 250 meter yang mengalahkan tingginya air terjun Madakaripura yang memiliki ketinggian hingga 200 meter atau air terjun Payakumbuh di Sumatera Barat yang hanya memiliki ketinggian sekitar 150 meter saja. air terjun ini berada di kabupaten Toba Samosir, yang merupakan salah satu daratan tinggi  di tepi Danau Toba atau sekitar 250 km dari kota Medan. Karena letaknya yang dekat dengan Danau Tonba, maka tak heran bila air terjun ini selalu ramai dikunjungi oleh turis lokal maupun asing. Kesan pertama yang dirasakan apabila sampai di tempat ini, udaranya yang sangat dingin dan sejuk menjadikan badan selalu segar.

Dari kejauhan air terjun Sigura Gura tampak begitu menakjubkan, bahkan suara dentuman air yang jatuh kebawah sudah terdengar dari kajauhan karena ketingginannya. Air Terjun Sigura Gura berasal dari air Sungai Asahan yang sumber airnya berasal dari Danau Toba. Nama air tejun Sigura Gura sangat populer dikalangan para wisatwan, selain karena keberadaan bendungan buatan yang berada tepat di depannya sebagai objek wisata, sungai yang di aliri air TerjunSigur gura juga kerap kali menjadi tempat penyelngaraan sebagai arena kompetisi Arung Jeram tingkat Nasional maupun Internasional.

Panorama Air Terjun Sigura Gura Yang Indah dan Asri

Suasanan di tempat ini masih tampak begitu asri dengan pemandangan yang masih terjaga keasriannya, dengan dikelilingi pepohonan yang hijau dan juga tebing tebing yang cukup terjal dan licin menghiasi pemandangan disekitarnya. Objek wisata Air Terjun Sigura Gura ini sangat ramai dikunjungi wisatawan lokal dan asing setiap harinya yang ingin menikmati suasana alam yang sari dan sejuk sekaligus menikmati indahnya air terjun yang cukup tinggi. Tak hanya dapat menikmati suasana pemandangan yang begitu sejuk dan asri, di tempat ini para wisatawan juga dapat melakukan olah raga arung jeram, karena di tempat ini memiliki arus yang cukup deras serta bebartuan.

Di tempat ini juga terdapat sebuah bendungan yang airnya bersala dari air terjun sigura gura. Pemerintah setempat memang memanfaatkannya sebagai Pembangkit Listrik tenagaAir (PLTA). Selain berbasah-basahan atau berarung jeram, di tempat ini pula wisatawan dapat mendirikan tenda untuk berkemah disekitar lokasi Air Terjun ini. Untuk menuju lokasi ini, wisatwan dapat menempuh perjalanan dari kota Medan menuju Toba samosir yang berjarak sekitar 250 km dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendraan umum, apabila menggunakan kendaraan umum, biasanya akan dipatok dengan harga Rp 35.000-450.00/per hari. Selama dalam perjalanan, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan Danau Toba yang begitu luas. Air Terjun Sigura Gura menghadirkan panorama yang begitu indah yang sulit dilupakan oleh para wisatawan, terutama yang baru pertama kali datang ke tempat wisata Indonesia ini.

Indonesia Explorer:

1 Photos of the Air Terjun Sigura Gura Tertinggi di Indonesia

Air Terjun Sigura Gura
Air Terjun Sigura Gura Tertinggi di Indonesia | Ismail | 4.5 | Tags :objek wisata danau toba, Wisata di Indonesia,

Leave a Reply