Air Terjun Moramo, Air Terjun Bertingkat di Kawasan Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa

Air Terjun Moramo
Advertisement

Air Terjun Moramo terletak di kawasan Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa, dan merupakan air terjun bertingkat (cascade) yang tampak begitu indah dengan memiliki ketinggian sekitar 100 meter. Dengan ketinggian itu, air yang mengalir dari hulu melewati tujuh tingkatan utama. Di samping tujuh tingkatan tersebuh, masih terdapat sekitar 60 tingkatan kecil yang sekaligus berfungsi sebagai tempat penampungan air atau semacam kolam air. Namun dari sekian banyak kolam air yang tersedia, hanya satu saj yang dapat digunakan untuk berenang, yaitu kolam yang berada di tingkat kedua dari 7 tingkat yang ada. Air yang mengalir dari atas terlihat cukup menawan, karena disebabkan oleh tingkatan itu.

Air Terjun Moramo Tempat Mandinya Para Bidadari

Menurut cerita yang berkembang di masyarakat sekitar, tempat tersebut dahulu dipercaya sebagai tempat mandinya para bidadari yang turun dari khayangan. Air terjun bertingkat sejatinya tak hanya terdapat di Konawe Selatan saja, namun di berbgai daerah di Indonesia memiliki air terjun layaknya Air Terjun Moramo ini, seperti air terjun bertingkat yang berada di propinsi Riau. Air Terjun Moramo dikenal sebagai air terjun yang unik, dikarenakan sebagian besar terdiri dari batuan kapu. Dengan batuan kapur yang mengelilinginya, para wisatawan tak perlu takut apabila memanjat dinding pada air terjun ini, karena dinding-dindingya tidak licin untuk dipanjat.

Di kawasan ini merupakan habitat dari satwa-satwa yang terlindungi keberadaannya, beraneka burung terdapat di kawasan ini, kupu-kupu, dan berbgai satwa lainnya juga terdapat dikawasan ini. dengan keberadaan satwa ini, menjadikan daya tarik tersendiri bagi Air Terjun Moramo  yang terletak di Konawe Selatan. Namun daya tarik sesungguhnya terletak pada bebatuan yang membentuk tingkatan di air terjun ini. bebatuan ini tidak licin, walaupun telah di aliri air secara terus menerus, sehingga para wisatawan dapat mendaki hingga ke puncak. Namun akan lebih tampak indah apabila bebatuan ini terkena sinar matahari, maka bebatuan tersebut akan memancarkan sinar kehijau hijauan  yang begitu indah.

Lokasi Air Terjun Moramo

Air terjun Moramo terletak di kawasan Hutan Suaka Alam Tanjung Paropa, yang tepat berada di Desa Sumber Sari, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan, Propinsi Sulawesi Tenggara. Lokasi Air Terjun ini dapat dicapai dengan mengendari angkutan umum maupun kendaraan pribadi yang berjarak sekitar 60 km ke arah timur dari Ibukota Kendari. Jika anda ingin menikmati keindahan pemandangan laut, anda dapat melalui pantai Moramo dengan mengendarai boat yang telah tersedia. Perjalanan dapat dimulai dari Bandara Walter Monginsidi yang terletak di Kabupaten Konawe Selatan. Dari Bandara tersebut, anda dapat langsung menuju ke Kawasan Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa, dan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 2 km. Namun dengan perjalan yang ditempuh, wisatawan akan menikmati indahnya panorama disekitar Air Terjun Moramo yang terkenal dengan airnya yang tenang.

Indonesia Explorer:

1 Photos of the Air Terjun Moramo, Air Terjun Bertingkat di Kawasan Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa

Air Terjun Moramo
Air Terjun Moramo, Air Terjun Bertingkat di Kawasan Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa | Ismail | 4.5 | Tags :tempat wisata air terjun, air terjun moramo, tempat wisata indonesia,

Leave a Reply