Wisata Seni Tradisional di Saung Angklung Udjo Bandung

Saung Angklung Udjo Bandung
Advertisement

Jika Anda berencana menghabiskan liburan di Bandung, ada banyak sekali lokasi wisata yang bisa Anda pilih untuk menikmati liburan baik itu sendirian maupun bersama keluarga. Bandung memang sudah sangat terkenal akan berbagai tempat unik dan juga lokasi wisata indah dan mengagumkan dengan ciri khas dataran tinggi dan pegunungan yang memiliki udara sejuk hingga wisata seni. Wisata seni Bandung merupakan sesuatu yang cukup baru. Anda bisa belajar tentang berbagai seni tradisional yang dimiliki oleh Bandung. Salah satu lokasi wisata yang menawarkan wisata seni tradisional Bandung adalah Saung Angklung Udjo atau SAU.

Saung Angklung Udjo atau biasa disingkat dengan SAU merupakan sebuah tempat pertunjukan dan tempat kerajinan dari bamboo serta lokasi workshop instrumen tradisional Bandung yang terbuat dari bambu dan merupakan salah satu alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari Bandung. Tempat ini didirikan oleh Udjo Ngalagen bersama dengan istrinya Uum Sumiati pada tahun 1966. Tempat ini terletak di Jalan Padasuka 118 Bandung Timur Jawa Barat Indonesia. Udjo dan istrinya membangun tempat ini untuk melestarikan serta memelihara seni dan kebudayaan tradisional khas Sunda agar tetap bisa hidup.

Saung Angklung Udjo selain sebagai tempat pertunjukan, kerajinan dari bambu, dan juga lokasi workshop instrumen tradisional Bandung atau Sunda yang terbuat dari bambu, juga sebagai laboratorium pendidikan dan pusat belajar yang difokuskan untuk memelihara kebudayaan khas Sunda, seperti angklung, arumba, calung, dan sebagainya yang mulai ditinggalkan oleh para penerusnya. Untuk pertunjukan, biasanya pertunjukan diadakan setiap sore.

Saung Angklung Udjo atau SAU tidak hanya melakukan pertunjukan di lokasi SAU saja. Kelompok ini juga telah melakukan pertunjukan di berbagai tempat maupun even, seperti tampil di berbagai undangan, berkolaborasi dengan salah satu penyanyi top Indonesia, dan bahkan kelompok ini telah melakukan konser dan pertunjukan di luar negeri.

Untuk menuju ke Saung Angklung Udjo, Anda bisa mengaksesnya dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya gunakan arah Cipularang, naik jembatan layang, ikuti petunjuk arah menuju Cicaheum. Hanya 100 meter dari terminal Cicaheum, Anda bisa mengikuti petunjuk jalan menuju ke Jalan Padasuka. Jika dengan kendaraan umum, dari Suarapati pilih angkutan umum 06 dengan jurusan Cicaheum-Ciroyom lalu turun di perempatan Padasuka yang kemudian bisa Anda lanjutkan dengan berjalan kaki menuju lokasi.

Wisata Bandung tidak hanya menyediakan lokasi wisata pada umumnya. Tapi juga wisata seni seperti Saung Angklung Udjo. Tidak ada salahnya menghabiskan liburan dengan belajar tentang seni tradisional khas Sunda.

Indonesia Explorer:

1 Photos of the Wisata Seni Tradisional di Saung Angklung Udjo Bandung

Saung Angklung Udjo Bandung
Wisata Seni Tradisional di Saung Angklung Udjo Bandung | Ismail | 4.5 | Tags :Saung Angklung Udjo, wisata bandung,

Leave a Reply